Jawa Pos

Diterapkan November, Tidak Mengubah Penghasila­n

- DI

Bagaimana sebenarnya program penghapusa­n eselon III dan IV yang kali pertama disampaika­n dalam pidato Presiden Joko Widodo tersebut?

Pemangkasa­n itu bertujuan menciptaka­n birokrasi yang lebih ramping. Memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik. Mendukung iklim investasi juga. Saya kira itu yang dikeluhkan lima tahun terakhir, yaitu soal percepatan mengeluark­an izin. Meskipun ada PTSP (pelayanan terpadu satu pintu), masih lamban.

Apakah ada arahan langsung dari Presiden Joko Widodo untuk Anda?

Arahan Pak Presiden supaya program perampinga­n eselon itu dilakukan secepatnya. Beliau tanya ke saya apakah sanggup. Saya jawab sanggup, Pak.

Untuk program perampinga­n eselon itu, target Anda bagaimana?

Janji saya kepada Bapak Presiden, kalau sampai setengah tahun tidak mampu, ya saya gagal. Ya saya mundur. Makanya, saya harus melakukan percepatan.

Caranya bagaimana?

Kami akan memulai dari Kementeria­n PAN-RB dulu. November depan eselon III dan IV saya pangkas. Karena kita minta kementeria­n, lembaga, atau pemda memangkas eselon, tentu harus memberikan contoh dahulu.

Apakah tidak khawatir ada gejolak dari pegawai?

Yang penting penghasila­n para eselon III dan IV (yang sudah dihapus, Red) itu tidak berkurang. Jadi, secara prinsip, penghasila­n yang mereka terima tidak berubah. Kemudian juga ada jenjang karir yang lebih baik untuk posisi pejabat fungsional.

Bagaimana pendapat Anda soal penerapan birokrasi di instansi pemerintah saat ini?

Persoalan mendasar adalah struktur yang hierarkis. Proses pengambila­n keputusan pemerintah­an menjadi sangat lamban. Saya (punya) pengalaman di Kementeria­n Dalam Negeri. Yang berkuasa itu eselon III. Bisa sebulan kajiannya masuk ke eselon II. Kemudian masuk ke eselon I. Lalu ke biro hukum, ke Sekjen, baru ke menteri.

tangan Menteri Pendayagun­aan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo, program penghapusa­n eselon III dan IV bukan hanya wacana. Dia siap mundur jika dalam setengah tahun program itu tidak terwujud. Berikut obrolan wartawan dengan politikus senior PDI Perjuangan tersebut di sela-sela pemaparan rekrutmen CPNS 2019 di kantor Kementeria­n PANRB kemarin (30/10).

 ?? MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS ??
MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia