Jawa Pos

Hanya di Jatim, SMA Taruna Berstatus Negeri

Siap Cetak Calon Pemimpin Bangsa Berintegri­tas dan Berkualita­s

-

BERBAGAI upaya ditempuh Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) demi mencetak generasi penerus bangsa yang kompeten. Salah satunya adalah dengan mengembang­kan sekolah penyelengg­ara pendidikan ketarunaan. Program itu merupakan hasil kerja sama dengan korps TNI dan Polri.

Siswa baru yang mengikuti program di SMAN Taruna adalah murid pilihan. Sebab, mereka telah berhasil melalui sejumlah tes. Yaitu, tes administra­si, tes kesehatan jiwa, tes jasmani, TPA, psikologi, kesamaptaa­n, wawancara, dan penentuan akhir. Mereka tidak harus masuk TNI. Pemetaan output siswa yang melanjutka­n ke perguruan tinggi atau TNI dilakukan saat kelas XI. Pendidikan khusus akan diberikan bagi yang masuk dalam daftar TNI.

Menurut Plt Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Hudiyono, SMAN Taruna adalah salah satu produk unggulan pendidikan di Jawa Timur. Pola pengajaran­nya mengedepan­kan pendidikan karakter dan bela negara.

Hudiyono berujar bahwa SMAN Taruna

Gubernur Jawa Timur saat ini menjadi salah satu kekuatan pendidikan di Jawa Timur. Ada 800 siswa baru di Jawa Timur yang telah mendapat pendidikan mental dan kepribadia­n. Pola pendidikan yang dikedepank­an adalah karakter, wawasan kebangsaan, bela negara, cinta tanah air, dan kemampuan akademik.

Proses pendidikan dalam sekolah taruna di Jatim merupakan implementa­si riil dari program Nawa Bhakti Satya. Kehadiran empat SMAN Taruna membuat dinas pendidikan jatim termotivas­i mengembang­kan program yang inovatif dan efektif.

”Keempat SMAN Taruna tersebut (Nala, Angkasa, Brawijaya, dan Bhayangkar­a, red) menjadikan salah satu kekuatan di Jawa Timur. Sesuai dengan Nawa Bhakti

Satya Gubernur Jatim yang ingin menjadikan Jatim CETTAR,” ujar Hudiyono.

Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Jatim Ety Prawesti berujar, saat ini baru Jatim yang memiliki SMA Taruna berstatus negeri. ”Sudah ada empat SMAN taruna dari empat matra TNI-Polri,” ungkap Ety. Keempatnya adalah SMAN Taruna Nala Malang, SMAN 3 Taruna Angkasa Madiun, SMAN 5 Taruna Brawijaya Kediri, dan SMAN 2 Taruna Bhayangkar­a Banyuwangi.

Kehadiran SMAN Taruna juga menjadi bentuk antisipasi era revolusi industri 5.0 dengan memberikan peluang sekaligus tantangan bagi dunia pendidikan. ”Selain menuntut penguasaan teknologi tinggi, juga dibutuhkan kekuatan mental sosial dan kinerja. Generasi muda membutuhka­n kecakapan hidup yang aplikatif, karakter, dan kepribadia­n bangsa yang kuat. Lompatan sosial dan lompatan teknologi sudah sangat nyata dirasakan di kehidupan kita,” ujar Ety.

Ety pun berharap, siswa memiliki karakter disiplin, mandiri, patuh aturan, patuh norma agama, norma sekolah, norma sosial masyarakat, mampu menjaga kekompakan, dan kerja sama. ”Jangan sampai ada bullying di sekolah setelah mengikuti masa basis selama tiga bulan,” tegasnya.

• SMAN Taruna Nala Jawa Timur merupakan hasil kerja sama TNI-AL dan pemerintah provinsi. • SMAN Taruna Nala menggunaka­n kurikulum 2013 dan pengembang­an kurikulum bela negara serta kemaritima­n.

Bangsa-bangsa besar di dunia ditentukan dari sumber daya manusia yang kompeten. Kami berharap siswa SMAN Taruna cakap secara akademik dan memiliki pendidikan karakter yang kuat, terutama terkait kecintaan terhadap negara.”

Jl Selomangle­ng No 2, Sukorame, Mojoroto, Kota Kediri https://smatarunak­ediri.sch.id/

• SMAN 2 Taruna Bhayangkar­a Jawa Timur merupakan

hasil kerja sama pihak kepolisian dan pemerintah provinsi. • SMAN 2 Taruna Bhayangkar­a menggunaka­n kurikulum 2013 dan pengembang­an kurikulum bela negara serta kebhayangk­araan.

Jalan Pandan, Genteng, Banyuwangi https://sman2gente­ng.sch.id

1. Asrama dan fasilitasn­ya

2. Kolam renang

3. Drum band

4. Bus sekolah

LAYANAN PUBLIK

 ?? PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? KHOFIFAH INDAR PARAWANSA
CETAK GENERASI BERKUALITA­S: Khofifah bersama para siswa SMAN 3 Taruna Angkasa Jawa Timur setelah upacara sumpah pemuda di Grahadi.
PEMPROV JATIM FOR JAWA POS KHOFIFAH INDAR PARAWANSA CETAK GENERASI BERKUALITA­S: Khofifah bersama para siswa SMAN 3 Taruna Angkasa Jawa Timur setelah upacara sumpah pemuda di Grahadi.
 ?? PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ??
PEMPROV JATIM FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia