Jawa Pos

Lagu Baru Cantika R&B Banget

-

JAKARTA, Jawa Pos – Setelah bulan lalu Audrey ”GAC” Tapiheru memulai proyek solo, kini giliran rekan segrupnya, Cantika ”GAC” Abigail. Pada 18 Oktober, Cantika merilis single baru sebagai solois berjudul Start Over.

Lagu bergenre R&B itu diciptakan Cantika bersama Kamga dan personel band Barasuara Marco Steffiano.

Dari judulnya, terlihat bahwa lagu tersebut menjadi awal (start) baru bagi Cantika. Jika biasanya aktif sebagai trio bersama GAC, kini perempuan 26 tahun itu mulai aktif sebagai solois. ”Liriknya tentang bagaimana seseorang memulai untuk jatuh cinta lagi, tapi dia ragu dan butuh persiapan,” ujar Cantika kemarin siang (30/10) saat dijumpai di kantor Sony Music Entertainm­ent Indonesia.

Pelantun Serenity itu mengaku sempat ragu dan takut menjelang perilisan Start Over. Hal tersebut dirasakan Cantika sekitar tiga minggu sebelum single-nya dirilis. Sebab, momen perilisan lagu sebagai solois sempat membebanin­ya. Kali ini dia benar-benar akan mempromosi­kan lagunya seorang diri. Tidak bersama dua rekannya di GAC, Audrey dan Gamaliel Tapiheru.

Sejak awal proses kreatif, Cantika sudah terlibat, baik sebagai konseptor maupun penyanyi. Karena banyaknya tanggung jawab dan merasa ragu dengan proyek solonya, Cantika kepikiran. Apalagi, dia perfeksion­is. ”Makanya aku tuh sampai nangis

saking kepikirann­ya. Bahkan, aku bisa tiba-tiba nangis di mobil lho,” ungkapnya.

Akhirnya, Cantika bisa mengatasi kegelisaha­nnya. Dia punya tim yang mumpuni dalam pengerjaan proses kreatif dan promosi. Yang perlu dilakukann­ya adalah memberikan penampilan terbaik. Sebab, banyak fans yang mendukungn­ya, baik sebagai personel GAC maupun solois. Apalagi, itu bukan kali pertama dia bernyanyi solo. Di tiga album GAC, perempuan berdarah Ambon-Jawa tersebut sudah punya lagu solo meski tidak dipromosik­an seperti Start Over.

Secara genre musik, unsur R&B pada lagu tersebut cukup kental daripada lagu-lagu GAC. Menunjukka­n eksplorasi Cantika dalam hal genre. Penyanyi yang awalnya hobi mengcover lagu di YouTube itu mengungkap­kan bahwa hal tersebut terjadi secara tak sengaja. Dia awalnya tidak berencana membuat lagu dengan musik R&B. ”Cuma pas jadi, malah R&B banget. Awalnya pun nggak mau soal cinta, tapi tempo musiknya kayaknya cocok untuk tema cinta,” jelasnya.

Kini mumpung GAC sedang vakum dari aktivitas trio, Cantika ingin lebih banyak mengeksplo­rasi musikalita­s dan vokalnya. ”Aku mau menajamkan kemampuan sebagai songwriter. Jadi, aku mau coba bikin lagu yang nyambung sama banyak orang,” urainya.

 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? DEBUT SOLOIS: Cantika ”GAC” Abigail memulai karir sebagai solois dengan merilis single Start Over.
IMAM HUSEIN/JAWA POS DEBUT SOLOIS: Cantika ”GAC” Abigail memulai karir sebagai solois dengan merilis single Start Over.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia