Jawa Pos

Firman Terhenti, Fadia/Ribka Melaju

-

MAKAU, Jawa Pos – Macau Open 2019 baru juga berjalan dua hari. Sehari, bahkan, jika kita tidak menghitung hari pertama yang merupakan babak kualifikas­i. Namun, Indonesia sudah kehilangan beberapa wakil. Salah seorang di antaranya adalah Firman Abdul Kholik. Firman, sekali lagi, kalah dari Ren Peng Bo, pemain berperingk­at 76 asal Tiongkok, dengan skor sangat telak. Yakni 10-21, 6-21.

Saat ini belum diketahui secara pasti penyebab kekalahan Firman. Namun, kalah di babak pertama turnamen super 300 tersebut adalah lanjutan dari episode buruk pemain 22 tahun itu sepanjang Oktober. Pada awal bulan, Firman terelimina­si dari babak kedua turnamen Indonesia Masters Super 100 di Malang, Jawa Timur. Lawannya, Ren juga. Lalu, jika dirunut ke

turnamen sebelumnya, Vietnam Open Super 100 (10–15 September), dia juga tersingkir di babak pertama alias fase 64 besar. Padahal, sepanjang tahun ini dia berhasil meraih dua gelar. Yakni, Akita Masters 2019 dan Vietnam Internatio­nal Challenge.

Ketika ditemui di Malang, Firman mengaku mengalami cedera telapak kaki kanan saat berlaga di Vietnam Open. Akibatnya, saat itu gerakannya tidak leluasa.

Untung, sektor tunggal putra masih punya berita bagus. Chico Aura Dwi Wardoyo mencatat hasil yang bertolak belakang dengan Firman. Dia mengalahka­n Liew Daren, pemain Malaysia, yang merupakan unggulan kedelapan. Chico menang 21-16, 21-18 dalam waktu 42 menit. Di babak kedua hari ini, dia bertemu Li Chun-yi (Taiwan).

Selain Chico, beberapa pemain mencatat kemenangan. Misalnya, juara Indonesia Masters Super 100 Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto. Kemarin, di Tap Seac Multisport Pavilion

Makau, mereka sukses mengatasi pasangan Hongkong Ng Wing Yung/ Yeung Nga Ting 22-20, 21-10.

’’Di game pertama, kami terlalu terburu-buru, jadi mengikuti pola permainan lawan,’’ ungkap Fadia seperti dikutip siaran pers PP PBSI. ’’Tipe main lawan menyerang terus. Di awal-awal, kami belum menemukan pola main yang tepat, jadi masih kaget-kaget,’’ paparnya.

Peluang melesat lebih terbuka lebar bagi mereka. Hari ini mereke bertemu Tan Pearly Koong Le/Thinaah Muralithar­an (Malaysia). Kedua pasangan belum pernah bertemu.

Jika menang di babak kedua, mereka punya kans besar bertemu Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta. Itu bakal jadi ulangan final Indonesia Masters lalu. Fadia/Ribka menang rubber game atas senior mereka di pelatnas tersebut. ’’Kemenangan di Malang kemarin memang membuat kami lebih yakin dan percaya diri. Kami harus bisa konsisten,’’ tekad Fadia.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? ADA APA?: Firman Abdul Kholik ketika bertanding di Indonesia Masters Super 100 di Malang (3/10). Dia kalah pada babak pertama Macau Open 2019 kemarin.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ADA APA?: Firman Abdul Kholik ketika bertanding di Indonesia Masters Super 100 di Malang (3/10). Dia kalah pada babak pertama Macau Open 2019 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia