Jawa Pos

#KovacOut Semakin Nyaring

-

PERNYATAAN der trainer

Bayern Muenchen Niko Kovac setelah kemenangan tipis 2-1 atas VfL Bochum membuat kuping suporter Bayern memerah. Tagar #KovacOut pun menguat di kalangan suporter Bayern.

Dalam wawancara dengan Sport1 kemarin (30/10), Kovac memberikan apresiasi kepada suporter tim lain. Padahal, akhir pekan ini (2/11), Bayern bakal bertemu tim yang totalitas suporterny­a dipuji Kovac. Bayern akan bertandang ke markas Eintracht Frankfurt di Commerzban­k-Arena.

’’Pertanding­an lawan Frankfurt akan selalu panas. Mereka punya fans terbaik di Bundesliga dan mereka sudah membuktika­nnya dalam periode waktu terakhir,’’ tutur pelatih 48 tahun tersebut.

Pernyataan itu langsung membuat warganet menghujat Kovac. ’’Kamu bisa minggat ke klub yang kamu sebut sebagai klub dengan suporter terbaik di liga jika kamu memang mengingink­annya,’’ tulis @Marius7133­0372 dalam akun Twitter.

@jlc1404_c menulis bahwa alasan #KovacOut bukan semata karena iri hati suporter Bayern yang disebut bukanlah suporter terbaik, tetapi juga karena skema permainan Bayern tak layak diapresias­i. ’’Instruksi Kovac-lah yang super. Pertama, lakukan bola diagonal sampai (Robert) Lewandowsk­i mencetak gol. Kedua, bertahan adalah bagian termudah dari sepak bola dan untuk memberi bek tantangan. Maka, setiap pertanding­an tak perlu gelandang bertahan,’’ paparnya.

Pada laga versus Bochum kemarin, statistik Bayern dalam melakukan bola diagonal sangat tinggi. Yakni, 19 kali. Bandingkan dengan Bochum yang hanya membuat tujuh umpan diagonal.

Kepada Goal, kapten Bayern Manuel Neuer mempertany­akan keputusan Kovac mencadangk­an Lewandowsk­i. Lewandowsk­i masuk pada babak kedua untuk menggantik­an Ivan Perisic. ’’Kami bermain dengan sangat mengecewak­an pada babak pertama. Kami tak butuh soal individu pemain tertentu atau sistem yang diterapkan pelatih ketika kami bermain,’’ ujarnya.

FC Saarbrueck­en vs FC Koeln

Hamburger SV vs VfB Stuttgart

MSV Duisburg vs 1899 Hoffenheim

SC Freiburg vs FC Union Berlin 1-2 1-0 2-3 0-1

 ?? INA FASSBENDER/AFP ?? PENYELAMAT: Penyerang Bayern Muenchen Thomas Mueller (dua dari kanan) mencetak gol ke gawang VfL Bochum pada lanjutan DFB Pokal di Bochum kemarin WIB.
INA FASSBENDER/AFP PENYELAMAT: Penyerang Bayern Muenchen Thomas Mueller (dua dari kanan) mencetak gol ke gawang VfL Bochum pada lanjutan DFB Pokal di Bochum kemarin WIB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia