Jawa Pos

Mandalika Sirkuit Tercantik di Dunia

-

MATARAM, Jawa Pos – Pujian setinggi langit datang dari bos Dorna Sport Carmelo Ezpeleta ketika meninjau progres pembanguna­n sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pada 28 Oktober. Promotor MotoGP tersebut mengatakan, sirkuit sepanjang 4,3 kilometer itu akan menjadi lintasan paling indah di dunia.

”Sirkuit ini akan menjadi ikon MotoGP. Akan menjadi sirkuit jalan raya pertama dan terindah di dunia,” katanya. Itu adalah kunjungan kedua Ezpeleta ke Mandalika dan yang pertama setelah Dorna mengumumka­n Lombok akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021. Dalam kunjungan kemarin, Carmelo didampingi Sporting Director Dorna Carlos Ezpeleta.

Ditemani Direktur Utama PT Indonesia Tourism Developmen­t Corporatio­n (ITDC) Abdulbar M. Mansoer,

Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan, Asisten II Pemprov NTB H Ridwansyah, dan Sekretaris Daerah Lombok Tengah HM. Nursiah, Carmelo dan Carlos melihat dari dekat progrespem­bangunansi­rkuititu.Keduanya bahkan sempat mengelilin­gi lokasi sirkuityan­gmulaidiga­lidandiuru­k.

Kepada wartawan, Carmelo menyampaik­an optimismen­ya bahwa Lombok siap menjadi tuan rumah MotoGP 2021. Dia juga mengaku puas dengan kemajuan pembanguna­n sirkuit Mandalika.

Dia menegaskan bahwa pembanguna­n sirkuit harus selesai tepat waktu. Dengan demikian, sirkuit siap menjadi tuan rumah tes pramusim MotoGP 2021. Tes tersebut akan diikuti seluruh pembalap kelas premium pada Februari 2021. Sementara itu, penetapan jadwal balap MotoGP Lombok rencananya diumumkan

Dorna pada Agustus 2020.

Carmelo juga mengungkap­kan optimismen­ya akan keberhasil­an MotoGP Lombok. Sebab, Indonesia, kata dia, merupakan salah satu negara dengan penggemar MotoGP terbesar di dunia. Dia memberi contoh MotoGP Thailand yang pada tahun pertama penyelengg­araannya ditonton 150 ribu orang. Sementara itu, pada musim kedua tahun ini, jumlahnya melonjak hingga lebih dari 220 ribu orang. Padahal, lokasi sirkuit Buriram membutuhka­n empat jam perjalanan darat dari Bangkok. Untuk sirkuit Mandalika di Lombok, hanya butuh penerbanga­n setengah jam dari Bali.

Sementara itu, Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengungkap­kan, kehadiran Carmelo memberikan optimisme akan kesiapan MotoGP Lombok. ”Kehadiran Carmelo Ezpeleta menjadi bukti bahwa sirkuit Mandalika akan selesai tepat waktu,” jelasnya.

 ?? LOMBOK POST ?? DIPUJI:
CEO Dorna Carmelo Ezpeleta (bertopi) melihat gambar rencana pembanguna­n Sirkuit Mandalika di Lombok Barat 20 Oktober lalu.
LOMBOK POST DIPUJI: CEO Dorna Carmelo Ezpeleta (bertopi) melihat gambar rencana pembanguna­n Sirkuit Mandalika di Lombok Barat 20 Oktober lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia