Jawa Pos

Tiket Semifinal Perdana Milik Elina Svitolina

-

SHENZHEN, Jawa Pos – Di antara delapan petenis yang tampil di WTA Finals 2019 saat ini, Elina Svitolina paling diragukan. Status unggulanny­a berada di posisi kedelapan. Petenis Ukraina itu juga satu-satunya peserta yang belum mengangkat trofi WTA Tour sepanjang 2019. Hanya satu bekal positif yang dia bawa, yakni embelembel sebagai juara musim lalu.

Namun, keraguan itu musnah kemarin. Dia menjadi petenis pertama yang menembus semifinal WTA Finals 2019. Raihan tersebut didapat Svitolina setelah menumbangk­an Simona Halep 7-5, 6-3 dalam laga keduanya pada grup ungu.

Hasil itu membuat Svitolina belum tersentuh kekalahan. Bahkan, dia juga belum kehilangan satu set pun. Dalam laga perdana kontra Karolina Pliskova, Svitolina juga menang straight set, 7-6(12), 6-4. ’’Defense yang aku bangun sangat solid kali ini. Aku bahagia untuk itu,’’ ucap Svitolina sebagaiman­a dilansir AP.

Bukan hanya itu. Svitolina kini tercatat menang delapan kali berturuttu­rut pada laga WTA Finals yang dia ikuti dalam tiga edisi terakhir. Satu tiket tersisa semifinal dari grup ungu kini diperebutk­an Halep dan Pliskova. Keduanya sementara punya rekor menang kalah 1-1.

Pliskova membuka peluang menuju empat besar dengan bantuan kondisi tidak menyenangk­an dari Bianca Andreescu. Petenis 19 tahun tersebut kemarin mundur di tengah laga kontra Pliskova dengan alasan cedera lutut kiri. Andreescu mundur pascakalah 6-3 pada set pertama. Dengan begitu, tiket terakhir ke semifinal dari grup ungu akan ditentukan dalam laga Halep kontra Pliskova. Siapa yang menang berhak menyusul Svitolina.

Kembali ke Svitolina, kemenangan atas Halep itu membuatnya sekarang unggul head-to-head 5-4 atas petenis Rumania tersebut. Sebagaiman­a diketahui, Svitolina sudah mengangkat trofi juara di sebuah turneman hingga tiga kali ketika berhasil menaklukka­n Halep pada empat pertemuan sebelumnya. Itu terjadi di Italia Terbuka 2017, Kanada Terbuka 2017, dan Italia Terbuka 2018.

 ?? ANDY WONG/ AP PHOTO ?? LOLOS: Elina Svitolina mengembali­kan bola dari Simona Halep ketika keduanya bentrok di WTA Finals 2019 di Shenzhen, Tiongkok, kemarin (30/10).
ANDY WONG/ AP PHOTO LOLOS: Elina Svitolina mengembali­kan bola dari Simona Halep ketika keduanya bentrok di WTA Finals 2019 di Shenzhen, Tiongkok, kemarin (30/10).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia