Jawa Pos

Janji Jamin Kebutuhan TNI

Prabowo Perkuat SDM dan Tambah Alutsista

-

JAKARTA, Jawa Pos – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menegaskan komitmenny­a untuk terus menambah kekuatan seluruh matra TNI. Baik sumber daya manusia (SDM) maupun alat utama sistem persenjata­an (alutsista) yang mumpuni.

Prabowo berjanji dan menjamin bahwa kebutuhan TNI soal sumber daya manusia dan alutsista yang memadai sebisa-bisanya akan dipenuhi instansi yang dipimpinny­a. ”Kami akan perkuat TNI,” kata Prabowo saat menyambang­i Mabes TNI di Cilangkap, Jakarta Timur, kemarin (30/10).

Meski tidak menjelaska­n secara detail apa saja alutsista yang akan didatangka­n untuk memperkuat TNI, dia memastikan bahwa tiga matra, yakni AD, AL, dan AU, bakal semakin baik.

Prabowo menyampaik­an, semua yang direncanak­an TNI ke depan sudah sesuai koridor. Berbagai strategi yang disusun sudah berada dalam jalur yang tepat. Namun, itu tidak berarti TNI harus berpuas diri.

Selain itu, TNI harus terus didukung pemerintah untuk meningkatk­an kapasitas. ”TNI harus kuat. Untuk itu, kami bersama Wamenhan ingin memperkuat jajaran operasiona­l kekuatan tempur riil TNI,” tegasnya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan bahwa sinergi TNI dengan Kemenhan sudah berjalan baik. Kedua pihak punya pandangan sama untuk mewujudkan postur pertahanan negara yang andal. Dengan demikian, berbagai ancaman dan tantangan di masa datang bisa dihadapi.

Dalam pertemuan itu, Hadi sempat menerangka­n program pembanguna­n kemampuan TNI yang dilaksanak­an berdasar rencana strategis (renstra) dan minimum essential force (MEF). Saat ini mereka sudah berada dalam tahap kedua di antara total tiga tahap yang disusun. Berbagai alutsista dalam renstra kedua juga sudah diterima TNI dari Kemenhan.

Selain itu, Hadi menyampaik­an akselerasi sebelas program prioritas TNI. Di antaranya, revitalisa­si MEF yang dilaksanak­an untuk mendukung kebijakan poros maritim dunia. ”Program tersebut diwujudkan dalam pembanguna­n sistem in

tegrative vision center yang diperlukan agar perairan Indonesia bebas dari gangguan,” jelasnya.

Saat ini, kata Hadi, TNI juga sudah memiliki kemampuan operasi militer yang mencakup network centric,

fire power, dan interopera­bilitas. Semua sudah ditunjukka­n TNI dalam latihan gabungan.

Sementara itu, Menhan Prabowo Subianto menyatakan tidak akan mengambil gaji selama menjabat menteri. Informasi tersebut disampaika­n juru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjunta­k, kemarin (30/10). Menurut dia, Prabowo komitmen untuk mengabdi sepenuhnya bagi kepentinga­n bangsa dan negara. ’’Itu juga pernah disampaika­n Pak Prabowo saat kampanye lalu,” tutur Dahnil.

 ?? PUSPEN TNI ?? KUNJUNGAN KERJA: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyambut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, kemarin (30/10).
PUSPEN TNI KUNJUNGAN KERJA: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyambut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, kemarin (30/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia