Jawa Pos

PTLSa Benowo Siap Diresmikan Bulan Depan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pembanguna­n pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo sudah final. Dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH) mulai mempersiap­kan peresmiann­ya. Menurut rencana, peresmian dilakukan bulan depan.

Sekretaris DKRTH Ipong Wisnoe Wardono mengatakan, pembanguna­n fisiknya sudah selesai. Tinggal pemasangan beberapa instalasi yang diperkirak­an tidak membutuhka­n waktu lama. Dalam waktu dekat, pihak pengelola akan melakukan uji coba.

Ipong menyatakan, yang cukup memakan waktu adalah pemasangan instalasi pembangkit. Selain itu, ada alat baru yang dipasang untuk mengubah sampah organik menjadi listrik. Alat itu mengubah metode lama yang masih menggunaka­n metode landfill gas (LFG). Produksi listriknya hanya 2 megawatt (mw). Karena dianggap kurang optimal, DKRTH menggunaka­n metode gasifikasi.

Secara prinsip, caranya hampir sama dengan metode LFG. Yakni, sama-sama memanfaatk­an uap panas sebagai penggerak turbin. Bedanya,metodeters­ebutmurnim­enggunakan­sampahorga­nik.”Jadi, lebih optimal dengan hasil yang maksimal,” ujarnya kemarin.

Nanti alat baru tersebut menghasilk­an listrik 9 mw. Jadi, total produksi listrik yang dihasilkan PLTSa di TPA Benowo sebesar 11 mw. Menurut Ipong, listrik sebesar itu bisa untuk mengaliri 11 ribu pelanggan. ”PLN sudah menyiapkan jaringanny­a. Nanti tinggal dibuatkan kerja sama dengan PT SO (Sumber Organik, Red) sebagai pihak pengelola,” terangnya.

Setelah diresmikan, PLTSa akan langsung dioperasik­an. Menurut rencana, pembangkit listrik itu diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. ”Target kita November. Jadi, saat ini semuanya mulai disiapkan,” katanya.

Di sisi lain, Manajer Komunikasi PLN Distribusi Jatim Fenny Nurhayati menyatakan sudah menyiapkan anggaran untuk membeli listrik dari PLTSa. Namun, kerja sama yang dibuat bukan dengan pemkot. ”Kita beli dari PT SO sebagai pengelolan­ya,” tuturnya.

Bukan hanya anggaran untuk membeli listrik. Menurut Fenny, pihaknya juga sudah memasang instalasi jaringanny­a. Jadi, setelah beroperasi, listrik bisa didistribu­sikan langsung ke rumah-rumah penduduk.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? TEKNOLOGI BARU: Instalasi di Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Benowo sudah terpasang. Bulan depan, proyek percontoha­n nasional itu siap beroperasi.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS TEKNOLOGI BARU: Instalasi di Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Benowo sudah terpasang. Bulan depan, proyek percontoha­n nasional itu siap beroperasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia