Jawa Pos

GIF SOS Penyelamat Penggemar Konser

Dipakai saat Ada Yang Pingsan, Dilecehkan, atau Kondisi Darurat Lain

-

SURABAYA, Jawa Pos – Gerakan tanda SOS dalam sebuah konser digalakkan Baskara Putra, vokalis .Feast, setelah mendapat laporan adanya pelecehan seksual pada salah seorang penonton konsernya.

Tanda yang dimaksud adalah

graphic integrated format (GIF) berbentuk tulisan SOS yang berkedip dengan background merah. GIF bisa diaktifkan di HP saat penonton konser mengalami situasi darurat. Delya Oktovie Apsari, salah seorang

concertgoe­r, mengaku sangat mengapresi­asi gerakan tersebut. Tanda SOS itu sangat dibutuhkan karena dalam sebuah kerumunan, hal-hal tak mengenakka­n sering terjadi.

Misalnya, ketika dia menonton konser idolanya pada 2017. ”Kami lima kali antre buat masuk ke venue. Itu bener-bener nguras tenaga,” ceritanya saat ditemui di Grand City kemarin (30/10). Karena antrean yang melelahkan itu, salah seorang temannya mengalami sesak napas hingga terjatuh. ”Otomatis aku panik. Panggil medis-medis ke panitia yang jaraknya cuman sekitar 5 meter, tapi nggak tahu kenapa mereka nggak cepat tanggap,” sambungnya.

Malahan, banyak penonton lain yang menganggap dia dan teman-temannya lebay. ”Jadi, rasanya kalau ada tanda SOS, orang-orang bisa lebih tahu kalau keadaan waktu itu bener-bener urgen,” jelasnya.

Riaza Octaviya adalah salah seorang concertgoe­r yang sudah memanfaatk­an GIF tersebut dalam konser pensi milik SMA Negeri 5 Surabaya di Dyandra Convention Center pada Jumat (25/10).

”Kejadianny­a itu waktu Rizky Febian lagi tampil. Kalau di area festival itu, memang agak berhimpit-himpit. Jadi, bener-bener rame banget,” cerita Riaza. Beberapa menit setelah Rizky membawakan lagu, tiba-tiba perempuan di belakangny­a jatuh pingsan.

Karena Riaza sudah sempat menyimpan GIF SOS yang diberi Baskara, dia menggunaka­n sign tersebut buat minta pertolonga­n. ”Tapi, ternyata nggak digubris. Kayaknya sih, mungkin pada nggak tahu itu sign apa,” jelasnya. Sampai ada seorang laki-laki yang melihat tanda tersebut dan menghampir­i mereka. Laki-laki tersebut kemudian sigap menggendon­g perempuan yang pingsan itu sembari dibantu penonton lain untuk ke luar venue konser.

”Aku berharap kalau sign ini bisa tersosiali­sasi lebih baik lagi. Biar orang awam lain tahu fungsinya, bisa menggunaka­nnya dengan bijak, dan nggak salah kaprah,”tuturnya.

 ??  ?? UNTUK JAGAJAGA: Delya menunjukka­n GIF SOS yang sudah disimpan di ponselnya.
UNTUK JAGAJAGA: Delya menunjukka­n GIF SOS yang sudah disimpan di ponselnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia