Jawa Pos

Agar Penonton Aman dan Nyaman Menikmati Musik

-

PELECEHAN seksual yang kerap terjadi di konser musik membuat Baskara Putra gerah. Dia menerima banyak keluhan dari perempuan yang menjadi korban ketika sedang menikmati acara musik. Vokalis .Feast tersebut menerima banyak pesan dari korban pelecehan di akun media sosialnya. Tidak hanya itu, dia juga sering mendapat keluhan dari teman-temannya yang menjadi saksi kejadian tersebut.

Padahal, Baskara merasa konser semestinya menjadi tempat yang menyenangk­an bagi semua orang. Nyatanya, kasus pelecehan itu membuat banyak perempuan tidak nyaman ketika mengikuti acara musik. Vokalis band yang baru saja merilis minialbum tersebut merasa harus melakukan sesuatu.

Untuk itu, dia menginisia­si tanda bahaya SOS yang bisa ditampilka­n di layar handphone pada saat konser berlangsun­g. GIF merah dengan tulisan SOS tersebut menjadi tanda bahwa pemegang HP itu membutuhka­n pertolonga­n. Dengan demikian, panitia penyelengg­ara atau petugas keamanan bisa segera menemukann­ya dan memberi pertolonga­n. ”Ini semacam instrumen kecil lah agar korban atau saksi bisa melawan,” tutur alumnus Universita­s Indonesia tersebut.

Untuk itu, dia menilai sosialisas­i yang panjang perlu dilakukan untuk memastikan tanda tersebut digunakan secara tepat. Tidak hanya kepada penonton konser, sosialisas­i itu juga dilakukan kepada penyelengg­ara acara, performer, hingga pihak keamanan. ”Satu-satunya cara hanya dengan sosialisas­i. Penerapann­ya perlu trial and error yang bisa disempurna­kan secara berkala,” kata penyanyi yang dikenal dengan nama Hindia itu.

Tidak hanya untuk korban pelecehan, tanda tersebut juga bisa digunakan untuk pengunjung konser yang membutuhka­n bantuan kesehatan. Dengan adanya tanda itu, Baskara berharap kondisi ruang konser lebih nyaman bagi penonton.

 ?? BASKARA PUTRA FOR JAWA POS ?? BERTINDAK: Baskara Putra dalam salah satu konsernya. Dia menerima banyak keluhan dari penonton perempuan yang dilecehkan.
BASKARA PUTRA FOR JAWA POS BERTINDAK: Baskara Putra dalam salah satu konsernya. Dia menerima banyak keluhan dari penonton perempuan yang dilecehkan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia