Jawa Pos

Sebelas Titik di Surabaya Mulai Diguyur Hujan

Waspadai Angin Kencang

-

SURABAYA, Jawa Pos – Hujan dengan intensitas ringan mulai mengguyur Kota Surabaya. Setidaknya ada 11 titik di Surabaya yang tadi malam (31/10) diguyur hujan. Badan Meteorolog­i, Klimatolog­i, dan Geofisika (BMKG) Juanda mencatat, wilayah Surabaya dan sekitarnya kini sedang mengalami pancarobaa­tauperalih­andarimusi­m kemarau menuju musim hujan.

Sebelas titik yang sudah diguyur hujan itu berada di area pusat kota dan Surabaya Utara. Antara lain, Jalan Pahlawan, Jalan Bubutan, JalanPemud­a,JalanSimoS­idomulyo, dan Jalan Tidar. Prakirawan cuaca BMKG Juanda Ary P.B. mengatakan, yang perlu diwaspadai adalah potensi perubahan suhu yang cukup ekstrem.

Dengan kondisi tersebut, bisa jadi cuaca sangat terik saat siang. Namun, ketika sore atau malam, cuaca berganti menjadi hujan yang disertai angin dan petir.

Dia menambahka­n, masa pancaroba mungkin berhenti setelah memasuki musim hujan.

Hal itu diperkirak­an terjadi pada minggu ketiga November.

Sementara itu, prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Adi Hermanto mengatakan, puncak musim hujan akan tiba pada Desember. Hujan deras merata di Surabaya. ”Sekarang hujan yang turun terbilang masih kecil. Namun, anginnya cukup kencang. Kecepatan angin bisa mencapai 30 kilometer per jam,” kata Adi kemarin (31/10).

Kebanyakan hujan yang disertai angin kencang akan terjadi tengah malam hingga pagi, yaitu pukul 00.00–07.00. Karena itu, dia mengimbau masyarakat tidak berteduh di bawah pohon. Sebab, angin kencang dapat membuat pohon tumbang. Itu sangat membahayak­an.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia