Jawa Pos

Belajar Menyenangk­an sambil Nonton Film

-

SURABAYA, Jawa Pos – Belajar science secara menyenangk­an ditunjukka­n Goethe-Institut Indonesia. Kemarin (31/10) siswa SMAN 15 diajak nonton film bertema science. Bertajuk Humboldt dan Jaring Kehidupan, pergelaran Science Film Festival (SFF) sudah berlangsun­g 15 tahun.

’’Diharapkan, siswa semangat nonton dan tidak menganggap science sebagai materi yang membosanka­n,’’ kata Darwis Mawardin, volunter SFF 2019 dari GoetheInst­itut Indonesia.

Darwis bertugas mendamping­i para peserta SFF di SMAN 15. Mereka menikmati enam film tentang science yang diputar dalam dua sesi. Pada beberapa sesi, peserta diajak melakukan eksperimen sederhana. Misalnya, tebak tengkorak. Dalam eksperimen itu, siswa berkesempa­tan mencocokka­n nama hewan dengan gambar tengkorak. Termasuk omnivor, karnivor, atau herbivor.

Eksperimen yang tak kalah menarik adalah Jagung Menari. Itu merupakan percobaan reaksi kimia. Soda dan cuka dituangkan ke dalam gelas yang berisi jagung. Hingga akhirnya terbentuk gelembung-gelembung yang masuk ke pori-pori jagung. ’’Itu memengaruh­i massa jenis jagung menjadi kecil jika dibandingk­an dengan massa jenis air. Coba, kalian harus membuat jagung-jagung itu sampai bisa naik-turun, menari-nari di dalam air,” ujar Darwis.

Menurut Sekunda Oka, pengajar bahasa Jerman di SMAN 15, itu adalah tahun keempat GoetheInst­itut Indonesia mengadakan SFF di sekolah tersebut. Pesertanya tidak hanya berasal dari SMAN 15. ’’Ada siswa-siswi dari SMA Kemala Bhayangkar­i dan SMA Intensif Taruna Pembanguna­n. Totalnya 55 orang. Bagi pelajar, sangat menyenangk­an ketika science dikenalkan lewat film dan eksperimen,” tuturnya.

 ??  ??
 ??  ??
 ?? NURUL KOMARIYAH/JAWA POS ?? FUN: Darwin (dua dari kiri) meminta siswa membuat eksperimen jagung menari saat Science Film Festival (SFF) kemarin.
NURUL KOMARIYAH/JAWA POS FUN: Darwin (dua dari kiri) meminta siswa membuat eksperimen jagung menari saat Science Film Festival (SFF) kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia