Jawa Pos

KPU Target Pemilih Pilkada 75 Persen

-

Jawa Pos – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetka­n jumlah pemilih dalam Pilkada 2020 mencapai 75 persen. Tingkat partisipas­i pemilih itu menjadi tolok ukur keberhasil­an penyelengg­araan pilkada.

Pada Pilkada 2015, partipasi pemilih hanya 55,9 persen. Saat Pilgub 2018 pun, jumlahnya masih 64,5 persen. Ketua KPU M. Iskak mengatakan, tingkat partisipas­i pemilih dalam pilkada dan pilgub memang rendah. Persentase­nya kalah jauh dengan Pilpres dan Pileg 2019. ”Partisipas­i pilpres dan pileg sampai 82 persen,” ucapnya.

Menurut Iskak, ada empat faktor pemicu minimnya partisipas­i warga. Pertama, jumlah calon. Kandidat yang berlaga di pileg dan pilpres banyak. Totalnya 684 caleg ditambah dua capres dan cawapres. ”Warga antusias karena banyak pilihan,’’ jelasnya.

Kedua, lokasi tempat pemungutan suara (TPS). Dalam pilpres dan pileg, lokasi TPS lebih dekat. Jumlahnya pun banyak. ’’Pada pilpres dan pileg, satu TPS untuk 300 pemilih. Kalau pilkada, satu TPS untuk 550 pemilih,’’ ungkapnya.

Ketiga, rasa nasionalis­me masyarakat. Dalam pilpres, seluruh warga tergerak. Calon yang dipilih diharapkan memimpin negara. Lain halnya pilkada. Warga tidak terlalu antusias. ’’Terutama warga yang bekerja di luar kota,’’ katanya. Keempat, figur calon. Tingkat pemilih bakal meningkat jika kandidat mampu meraih simpati warga.

Menurut Iskak, sosok calon sangat penting. Terutama kandidat yang menjanjika­n perbaikan. Misalnya, mengatasi persoalan wilayah. ”Kandidat harus populer dan mampu mengajak warga berpartisi­pasi dalam pilkada,” tuturnya. Dalam Pilkada 2020, KPU menargetka­n peningkata­n jumlah pemilih sampai 75 persen.

Untuk mewujudkan itu, KPU merancang sejumlah kegiatan. Kegiatan utama adalah sosialisas­i. ”Sasarannya seluruh segmen. Pemilih pemula, pemilih disabilita­s, anak muda, marginal, dan perempuan,” ucap Komisioner KPU Bidang Teknis Miftakul Rohmah. Cara lainnya, berkirim surat ke perusahaan. Yakni, meminta perusahaan memberikan waktu kepada karyawan untuk mencoblos.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia