Jawa Pos

Kalah oleh Pasangan Peringkat Ke-25

Performa Hafiz/ Gloria Makin Anjlok

-

MAKAU, Jawa Pos – Perempat final turnamen super 300 ternyata masih terlalu berat bagi para pemain Indonesia. Terbukti, merekakomp­ak menelan kekalahan. Wakil Merah Putih nyaris habis. Tinggal menyisakan ganda putri Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta. Itu pun karena mereka melawan sesama pasangan Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto.

Ganda campuran Hafiz Faizal/ Gloria E. Widjaja termasuk yang mengalami nasib buruk. Berstatus unggulan ketiga, mereka tersingkir oleh pasangan yang levelnya jauh di bawah. Yakni, Wang Chi-lin/Cheng Chi-ya dari Taiwan. Menghadapi lawan yang hanya menduduki peringkat ke-25 di Tap Seac Multisport Pavilion, Makau, kemarin, Hafiz/ Gloria kalah 20-22, 26-28.

Pertanding­an memang ketat. Tapi, secara teknis seharusnya mereka mampu. Buktinya, saat kali pertama bertemu di German Open Maret lalu, Hafiz/Glo bisa menang mudah 21-14, 21-15 dalam 39 menit. Hasil Wang/ Cheng dalam turnamen sepanjang 2019 juga tidak bagus-bagus amat. Berarti, memang Hafiz/ Gloria yang sedang menurun.

Pelatih pelatnas ganda campuran Richard Mainaky punya setumpuk evaluasi atas memburukny­a performa pasangan nomor dua Indonesia itu. Pelatih kelahiran Ternate tersebut menggunaka­n istilah kurang tahan untuk menggambar­kan apa yang terjadi pada anak buahnya. ’’Hafiz/Gloria itu lebih banyak bertahan, kemudian membalik serangan. Jadi, harus kuat, lebih konsentras­i, dan lebih sabar lagi,’’ kata Richard.

Dibandingk­an tahun lalu, Hafiz/ Gloria memang menurun tajam musim ini. Pada 2018, mereka masih sempat juara Thailand Open (super 500). Tahun ini, capaian tertinggi mereka hanya sekali menembus final. Yakni, di German Open (super 300). Alhasil, peringkat mereka melorot. Dari posisi ke-6 pada periode Mei–Juli, kini stuck di posisi ke-9.

Untuk mendongkra­k prestasi, Richard mendaftark­an Hafiz/ Gloria dalam lima turnamen sekaligus tanpa henti. Denmark Open, French Open, dan Macau Open yang sudah dilalui. Pekan depan mereka terjun ke Fuzhou China Open, lalu dilanjut Hongkong Open. ’’Mereka harus latihan lebih tekun dan keras lagi,’’ tegas Richard.

Lalu, bagaimana peluang kita di Macau Open? Indonesia terancam pulang dengan tangan hampa. Della/Rizki hari ini akan bertemu pasangan tangguh Du Yue/Li Yin Hui. Satu-satunya pertemuan sebelumnya terjadi di Japan Open 2019. Hasilnya kurang menyenangk­an. Della/ Rizki kalah lewat rubber game. Tidak mustahil hal itu kembali terulang. digit guard

 ?? ALEX PLAVEVSKI/EPA-EFE ?? TANTANG BARTY: Karolina Pliskova melepaskan pukulan forehand saat melawan Simona Halep dalam laga terakhir fase grup WTA Finals 2019 di Shenzhen, Tiongkok, tadi malam.
ALEX PLAVEVSKI/EPA-EFE TANTANG BARTY: Karolina Pliskova melepaskan pukulan forehand saat melawan Simona Halep dalam laga terakhir fase grup WTA Finals 2019 di Shenzhen, Tiongkok, tadi malam.
 ?? BEN MARGOT/AP PHOTO ?? WASWAS: Pelatih Warriors Steve Kerr (kiri) memeriksa pergelanga­n tangan Stephen Curry Kamis lalu WIB (31/10).
BEN MARGOT/AP PHOTO WASWAS: Pelatih Warriors Steve Kerr (kiri) memeriksa pergelanga­n tangan Stephen Curry Kamis lalu WIB (31/10).
 ?? PP PBSI FOR JAWA POS ?? KALIAN KENAPA?: Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja terhenti di perempat final Macau Open kemarin.
PP PBSI FOR JAWA POS KALIAN KENAPA?: Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja terhenti di perempat final Macau Open kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia