Jawa Pos

Segera Panggil Atlet 10 Cabor

- Kuasai Latihan Bebas dan Pecahkan Rekor Lap

SURABAYA, Jawa Pos – Kabar dihentikan­nya gaji bagi atlet sepuluh cabor yang dicoret dari PON XX/2020 Papua memang membuat resah. Dalam waktu dekat, KONI Jatim akan memanggil para atlet untuk menyampaik­an secara langsung hal itu. Sebab, hingga hari ini, belum semua atlet dari cabor-cabor itu mengetahui wacana tersebut.

’’Kami ndak tega sebetulnya,

ndak sampai hati,’’ ujar Ketua Umum KONI Jatim M. Nabil kemarin. ’’Kami juga kepikiran,

wong itu kegiatan mereka dan sudah lama menyiapkan­nya. Biaya yang dikeluarka­n juga

nggak sedikit. Kami juga memikirkan posisi atlet. Tapi, kami bisa disalahkan oleh tim pemeriksa kalau ada cabor yang nggak

ikut PON, tapi digaji,’’ papar dia. Solusi yang bisa ditawarkan oleh KONI hanya satu. Yakni, tetap memfasilit­asi segala kegiatan pembinaan cabor yang sudah berjalan. Bahkan, jika cabor ingin mengadakan training camp maupun try out ke luar negeri, pihaknya juga siap membiayai. Begitu pula jika ingin mendatangk­an pelatih asing.

Hanya, soal gaji tidak bisa ditawar lagi. Mulai November seluruh atlet yang terdampak rasionalis­asi cabor PON tidak lagi gajian. ’’Secara normatif, kami tetap bantu. Bagaimanap­un, itu sudah komitmen kami. Tapi dengan segala pertimbang­annya,’’ tutur Nabil.

Penghentia­n gaji seluruh personel puslatda (termasuk atlet dan pelatih) terpaksa dilakukan KONI Jatim lantaran terikat aturan hukum. Fasilitas puslatda hanya bisa diberikan kepada cabor yang dipertandi­ngkan di PON. KONI Jatim telah berdiskusi dengan KONI pusat untuk mencarikan solusi bagi sepuluh cabor tersebut.

’’Tapi, ternyata tetap nggak bisa (dipertandi­ngkan di PON, Red). Karena itu, pemberian gaji dihentikan sementara waktu,’’ kata Nabil tak yakin.

Jika ada solusi bagi mereka, situasi tidak gajian itu akan berlangsun­g lebih lama dari yang direncanak­an. Untuk tahun depan, KONI Jatim masih mencari format baru supaya ada win-win solution guna mengatasi persoalan tersebut.

SEPANG,

Jawa Pos – Fabio Quartararo datang di Sirkuit Sepang dengan kruk di tangan kanan.

Bintang Petronas Yamaha

SRT itu masih merasa nyeri setelah mengalami tabrakan hebat di GP Australia pekan lalu. Situasi itu jelas merugikan rookie yang sedang memburu victory perdana tersebut. Apalagi, ini balapan kandang buat SRT.

Namun, harapan itu tidak mustahil terwujud. Quartararo mampu tampil prima. Dalam dua sesi free practice (FP) kemarin, pembalap Prancis tersebut selalu menjadi yang tercepat. Saat FP pertama, Quartararo mencetak waktu 1 menit 59,027 detik. Dia mempertaja­m catatan tersebut saat FP2. Menjadi 1 menit 58,576 detik. Itu

Laporan rekor lap tercepat baru di Sepang!

Setelah latihan, Quartararo mengungkap bahwa dia datang di Sepang dengan tidak percaya diri. Penyebabny­a, apa lagi kalau bukan hasil mengecewak­an di Australia. ’’Phillip Island itu berat banget. Dua kecelakaan. Satu pada Jumat (saat free practice, Red) dan satunya lagi di awal lomba,’’ ulas Quartararo.

’’Jadi, tentu saja kami sempat tidak yakin dengan balapan di sini (Sepang). Tapi, pagi tadi (kemarin, Red) kami sudah menjadi yang tercepat. Lalu, siangnya juga tercepat. Kepercayaa­n diri itu kembali,’’ ucapnya.

Di tengah sesi latihan, rider 20 tahun itu menerima kabar gembira. Performa menjanjika­n dia dan rekan setimnya, Franco Morbidelli, musim ini membuat Yamaha menggarans­i upgrade mesin untuk musim depan. Mereka akan mendapatka­n spesifikas­i mesin yang sama dengan tim utama Yamaha.

’’Aku pikir kami layak mendapatka­nnya. Kami mencetak banyak hasil yang bagus,’’ tutur Quartararo.

Lin Jarvis, managing director Yamaha Motor Racing, meyakini hal itu. Dia terkesan dengan penampilan dua pembalap SRT sepanjang musim ini. Walaupun Quartararo menggunaka­n mesin yang setahun lebih lama daripada dua pembalap tim utama Yamaha, performany­a tidak kalah.

Dia saat ini menempati urutan keenam klasemen sementara pembalap dengan 163 poin. Hanya kalah 16 poin oleh Maverick Vinales yang ada di posisi keempat. ’’Yamaha berkomitme­n untuk memberikan tim dan pembalap SRT dukungan terbaik untuk membuat kemajuan lebih baik pada 2020. Misalnya, sebuah kemenangan,’’ kata Jarvis.

Sementara itu, latihan kemarin tidak bersahabat bagi sang juara dunia Marc Marquez. Saat FP pertama, dia mencetak waktu tercepat keempat, terpaut 0,490 detik dari Quartararo. Selanjutny­a, di FP2 dia finis di posisi ke-13.

 ?? BOBBY ARIFIN/JAWA POS ?? CANDRA KURNIA BOBBY ARIFIN
SANGAT CEPAT: Fabio Quartararo di paddock Yamaha SRT setelah sesi latihan bebas di Sirkuit Sepang, Malaysia, kemarin. SRT berambisi tampil bagus di balapan kandang.
BOBBY ARIFIN/JAWA POS CANDRA KURNIA BOBBY ARIFIN SANGAT CEPAT: Fabio Quartararo di paddock Yamaha SRT setelah sesi latihan bebas di Sirkuit Sepang, Malaysia, kemarin. SRT berambisi tampil bagus di balapan kandang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia