Jawa Pos

Berharap Carletto di Bench

-

Manolas termasuk deretan bek tengah berbandero­l mahal pada bursa transfer musim panas lalu. Tapi, dia belum mencatatka­n banyak menit bermain untuk menunjukka­n kelasnya di Napoli musim ini.

Menit per gol

MATS HUMMELS Borussia Dortmund MATTHIJS DE LIGT Juventus ABDOU DIALLO Paris Saint-Germain

ROMA, Jawa Pos – Kostas Manolas hanya kepingan masa lalu AS Roma. Semenjak Manolas pergi ke Napoli musim panas lalu, Roma telah menemukan penggantin­ya. Pemain pinjaman dari Manchester United Chris Smalling sudah membuat klub berjuluk Il Lupi itu tak ingat lagi siapa Manolas.

Nah, malam nanti WIB jadi pembuktian apakah kepergian Manolas ke Napoli layak ditangisi. Atau malah jadi momentum penegasan bahwa Smalling-lah idola baru Romanisti. Sebab, ini kali pertama keduanya headto-head langsung ketika Roma bertemu Napoli di Olimpico, Roma (siaran langsung beIN Sports 2 pukul 21.00 WIB).

’’Aku tak pernah takut dengan tekanan di Olimpico,’’ koar Manolas dalam wawancara kepada Corriere dello Sport. Bek yang direkrut

KONSTANTIN­OS MANOLAS Napoli AS ROMA (4-2-3-1) LUCAS HERNANDEZ Bayern Muenchen NAPOLI (4-4-2)

13-Lopez (g); 24-Florenzi (c), 1-Meret (g); 22-Di Lorenzo, 23-Mancini, 6-Smalling, 11-Kolarov; 44-Manolas, 26-Koulibaly, 27-Pastore, 21-Veretout; 31-Ghoulam; 7-Callejon, 8-Ruiz, 17-Under, 22-Zaniolo, 99-Kluivert; 20-Zielinski, 24-Insigne (c); 9-Dzeko 14-Mertens, 99-Milik

Paulo Fonseca Davide Ancelotti (asisten) Gianluca Rocchi | Olimpico, Roma beIN Sports 2 pukul 21.00 WIB dari Trigoria, kamp latihan Roma, dengan nilai fee EUR 36 juta (Rp 562,7 miliar) tersebut sudah pulih dari cedera tulang rusuk. Cedera itu memaksa Manolas absen sepuluh hari terakhir.

Selama ditinggal bek timnas Yunani itu, pertahanan Napoli selalu bocor. Total, Lorenzo Insigne dkk lima kali kebobolan ketika tanpa Manolas. Termasuk dua kali dijebol Atalanta pada giornata kesepuluh Serie A di San Paolo, Naples, tengah pekan lalu WIB (31/10). Delapan kali dia masuk komposisi racikan Carlo Ancelotti, empat kali Napoli mencatatka­n clean sheet.

Tiga di antaranya dia berkolabor­asi dengan Kalidou Koulibaly seperti malam nanti WIB. ’’ Aku tahu ini tantangan yang sulit. Meski begitu, kami ingin menuntaska­nnya,’’ klaim Manolas. Dia menolak anggapan tentang keseimbang­an pertahanan Napoli hanya bergantung kepada dirinya dan Koulibaly.

Begitu juga di balik terseokseo­knya Napoli menembus tiga besar Serie A dalam sepuluh laga pertama. ’’Tidak. Aku yakin, jika masih ada pemimpin dalam klub ini, tiap pemain bakal menunjukka­n kontribusi­nya,’’ sambung Manolas. ’’Comeback dia (Ma

EDER MILITAO Real Madrid

nolas) bisa menjadi spirit tambahan bagi kami,’’ klaim Koulibaly, dikutip Tutto Napoli.

Smalling juga ingin menghapus masa lalunya. Tepatnya, masa lalu di Manchester United. Sebab, selama menjadi bek United, dia kerap dianggap sebagai biang kerok buruknya pertahanan United. Tetapi, dalam 540 menit pertamanya di Roma, dia sudah membuktika­n bahwa dirinya selevel dengan apa yang pernah ditunjukka­n Manolas.

Ya, defense Roma kemasukan empat gol dalam 540 menit pertama Smalling. Angka yang persis dengan 540 menit pertama Manolas sebagai pemain Roma. Bedanya, Smalling bisa ikut jadi pembeda bagi Roma. Satu di antara empat gol Roma ketika melibas Udinese (31/10) adalah kontribusi Smaldini –julukan Smalling.

Bandingkan­denganMano­lasyang baru mampu mencatatka­n namanya sebagai pembeda bagi Roma padamusimk­eduanya.Golpertama Manolas bagi Roma terjadi saat

giornatake­enamSerieA­2015–2016

melawanCar­pi.DilansirDa­ilyMail, Smallingbe­rhasrattet­apmenerusk­an tren bagusnya bersama Alessandro Florenzi dkk.

’’Aku ingin mereka (United) melihatnya. Aku kembali ke sana lagi akhir musim nanti,’’ harap Smalling kepada Athletic.

AC Milan vs SPAL (Suso 63’)

1. Juventus

2. Inter Milan

3. Atalanta

4. AS Roma

5. Lazio

6. Napoli

7. Cagliari

8. Fiorentina

9. Parma

10. AC Milan 10 10 10 10 10

10 10

FEDERASI Sepak Bola Italia (FIGC) sudah menjatuhka­n sanksi larangan satu laga bagi Carlo Ancelotti. Sanksi itu dijatuhkan setelah Ancelotti diusir dari bench Napoli di pertanding­an melawan Atalanta Kamis (31/10). Seharusnya tak ada Ancelotti dalam grande partita melawan AS Roma malam nanti WIB. Namun, tadi malam WIB klub berjuluk Il Partenopei tersebut mengajukan banding kepada FIGC.

’’Klub masih berharap bisa memenangka­n banding dan menempatka­n Carlo duduk di bench besok sore (malam nanti WIB),’’ ujar Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis kepada Corriere dello Sport.

ADL –singkatan nama De Laurentiis– bahkan sampai mengajukan­protesnyak­epada Presiden FIGC Gabriele Gravina. ’Karena ini demi kemajuanse­pakbolaIta­lia.Terutama kualitas wasit yang bertugas di Serie A,’ klaim De Laurentiis.

Bukan hanya Ancelotti. Manajer Napoli Giovanni Paolo De Matteis mendapat sanksi serupa.

Bila banding itu gagal, Ancelotti akan menyerahka­n tugas 8 5 5 4 2 1 3 4

3 1 0 1

2

3 5 18-9 22-10 30-16 18-11 22-10 20-13 16-10 15-13 15-14 10-13 1-0 26 25 21

18 13 kepada putranya, Davide Ancelotti. Untuk kali pertama, Davide mengisi kursi yang ditempati ayahnya selama menjabat asisten pelatih. Baik selama di Bayern Muenchen maupun saat pulang ke Serie A bersama Napoli.

FIGC menilai, Ancelotti bersalah lantaran masuk ke lapangan dan membantah keputusan Piero Giacomelli. Namun, Direktur Olahraga Napoli Cristiano Giuntoli menganggap tak ada sikap tersebut dalam diri Ancelotti. ’’Aku mengenalny­a (Ancelotti). Dia bukan tipikal pelatih seperti itu. Mungkin ada yang salah dengan wasitnya,’’ tegas Giuntoli kepada Radio Kiss Kiss Napoli.

Keputusan Badan Perwasitan Serie A tadi malam WIB juga makin menguatkan, dalam kasus tersebut bukan Ancelotti yang bersalah. Giacomelli telah dibebastug­askan dari lagalaga Serie A pekan ini.

Nah, pelatih Roma Paulo Fonseca pun berharap banyak dengan upaya Napoli tersebut. Dalam konferensi pers di Trigoria tadi malam WIB, Fonseca ingin head-tohead pertama dengan Ancelotti.

Thelistiaw­ati (Tjen Siu Cau)

 ?? ANDREAS SOLARO/AFP PHOTO SIMONE ARVEDA/EPA ?? 900 105,3 90 791 131,8 695 99,2 632 90,2 300 60
Klasemen Sementara (10 Besar)
ANDREAS SOLARO/AFP PHOTO SIMONE ARVEDA/EPA 900 105,3 90 791 131,8 695 99,2 632 90,2 300 60 Klasemen Sementara (10 Besar)
 ??  ?? Surabaya
Surabaya
Telah meninggal dunia dengan tenang pada hari Rabu tanggal 30 Oktober 2019 jam 19.55 WIB. Mama, mama mertua dan emak kami yang tercinta:
Terlahir:
Dalam usia: 68 tahun
Jenazah akan dimakamkan di pemakaman Sentong Raya Lawang pada hari Rabu tanggal
06 November 2019. Berangkat dari gedung persemayam­an jenazah Yayasan Adi Jasa ruang 24-25 Jl. Demak 90-92 Surabaya jam 08.00 WIB Kami yang berduka cita:
Menantu Perempuan:
- Lani Setiawati (Yang Yek Ling)
Menantu Laki - laki:
- Widjaya Soewirto (Yang Ih Tak)
Cucu Luar:
- Kimberly Yang
Anak Laki - laki:
- Julianto (Wang Yong Yong)
Anak Perempuan:
- Janwarwati (Wang Yong Me)
Cucu Dalam:
- Aretha Elvira Wijaya - Jovan Benedict Wijaya
Beserta segenap famili dan keponakan.
Surabaya Surabaya Telah meninggal dunia dengan tenang pada hari Rabu tanggal 30 Oktober 2019 jam 19.55 WIB. Mama, mama mertua dan emak kami yang tercinta: Terlahir: Dalam usia: 68 tahun Jenazah akan dimakamkan di pemakaman Sentong Raya Lawang pada hari Rabu tanggal 06 November 2019. Berangkat dari gedung persemayam­an jenazah Yayasan Adi Jasa ruang 24-25 Jl. Demak 90-92 Surabaya jam 08.00 WIB Kami yang berduka cita: Menantu Perempuan: - Lani Setiawati (Yang Yek Ling) Menantu Laki - laki: - Widjaya Soewirto (Yang Ih Tak) Cucu Luar: - Kimberly Yang Anak Laki - laki: - Julianto (Wang Yong Yong) Anak Perempuan: - Janwarwati (Wang Yong Me) Cucu Dalam: - Aretha Elvira Wijaya - Jovan Benedict Wijaya Beserta segenap famili dan keponakan.
 ?? CESARE ABBATE/EPA ?? PERGI SANA..!: Wasit Piero Gacomelli (dua dari kiri) mengusir Carlo Ancelotti pada laga melawan Atalanta (30/10).
CESARE ABBATE/EPA PERGI SANA..!: Wasit Piero Gacomelli (dua dari kiri) mengusir Carlo Ancelotti pada laga melawan Atalanta (30/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia