Jawa Pos

Program IB, Mampu secara Global

Berbekal kemampuan akademik saja tak cukup untuk cakap menghadapi masa depan. Dibutuhkan juga karakter yang matang serta mumpuni. Itu semua bisa disiapkan sejak usia dini.

-

PADA 24–26 Oktober Sekolah Ciputra mengadakan Open Day. Kegiatan tahunan itu bertujuan untuk memperkena­lkan kepada orang tua siswa bagaimana Sekolah Ciputra membentuk insan intelektua­l dan potensi siswa. Orang tua diajak berkelilin­g sekolah untuk melihat aktivitas pembelajar­an secara langsung dengan segala fasilitas penunjangn­ya.

”Sebetulnya, everyday is open day. Apa yang disaksikan orang tua pada saat Open Day adalah sama yang terjadi setiap hari di sekolah. Harapannya, mereka langsung mengetahui proses belajar di sini,” tutur General Manager Sekolah Ciputra Fenny Sukamto.

Fenny juga menjelaska­n kepada orang tua yang hadir bahwa Sekolah Ciputra menerapkan kurikulum Internatio­nal Baccalaura­te (IB) yang konsisten dari tingkat playgroup hingga SMA. Diharapkan, Sekolah Ciputra dapat mencetak generasi yang memiliki kemampuan setingkat siswa internasio­nal.

Secara umum, IB memiliki kerangka edukasi yang berjenjang. Pertama, IB Primary Years Programme (IB PYP) yang setara dari playgroup sampai kelas 6. Kedua, IB Middle Years Programme (IB MYP) yakni kelas 7 sampai 10. Terakhir, IB Diploma untuk siswa kelas 11 dan 12.

Dalam program itu para siswa akan difasilita­si seluruh bakat dan minat yang digemari. Setiap siswa akan dipandu untuk mengasah kemampuann­ya secara penuh. ”Setiap siswa akan mendapatka­n pendidikan secara berjenjang dan sesuai dengan proporsi siswanya. Jelas hal ini membuat Ciputra menjadi

centre of excellence for education in Indonesia,” jelas Fenny. Bertepatan di hari yang sama, Sabtu lalu (26/10) Sekolah Ciputra mengadakan drawing competitio­n tingkat TK hingga SD. Kompetisi gambar itu dilaksanak­an di

Early Years Building Sekolah Ciputra dan dibuka untuk umum.

Seluruh peserta terlihat gembira menuangkan ekspresi seni pada kertas gambar yang disediakan. Sedangkan orang tua mereka turut memberikan semangat pada buah hatinya.

Salah seorang juri Aparna Raju Rajan menjelaska­n bahwa kegiatan itu bukan sekadar kompetisi. Hal itu juga merupakan pengenalan seni sebagai karya yang patut diapresias­i.

’’Sebab, seni adalah sebuah ekspresi pemikiran genuine yang dituangkan dalam sebuah karya yang dapat dinikmati,” tuturnya. ”Dan tak ada yang salah dalam seni. Jadi, semua anak pasti menjadi lebih kreatif,” tambahnya sambil memeriksa hasil karya para peserta.

Kreativita­s dan imajinasi yang dibalut dengan eksekusi sempurna dari siswa yang menjadi kriteria penilaian. Menurut Aparna banyak sekali karya peserta yang memiliki pesan. ”Seperti ada yang membuat gambar kebakaran hutan, menunjukka­n kalau mereka ingin menyampaik­an sesuatu melalui gambarnya,” tuturnya.

Setiap kategori memiliki juara 1, 2, 3, dan honourable mention. Mereka yang karyanya terpilih mendapatka­n voucher pembelian buku dan alat tulis serta trofi penghargaa­n.

Sekolah Ciputra juga menyelengg­arakan Ciputra Cup yang ditangani sendiri oleh siswa. Ajang tahunan kompetisi basket dan sepak bola tingkat SD sampai SMA itu disiapkan lebih dari empat bulan yang final nya diadakan pada saat Open Day. ’’Mulai dari persiapan teknis, budgeting, dan mencari sponsor kami atur sendiri,” terang Farrel Invan Wirawan, sebagai ketua OSIS Sekolah Ciputra sekaligus penanggung jawab acara.

Kegiatan itu mengajarka­n kepada siswa untuk mandiri dan mengatur seluruh kegiatan dengan ketelitian dan memiliki sifat kepemimpin­an. Benar saja, pada final Sabtu lalu (26/10), acara berlangsun­g lancar dan semarak.

Meski sebagai sekolah internasio­nal, Sekolah Ciputra tetap menjunjung tinggi budaya bangsa. Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, Sekolah Ciputra menghelat perayaan Bulan Bahasa. Seluruh siswa dari playgroup hingga SMA menampilka­n berbagai pertunjuka­n dengan menggunaka­n bahasa Indonesia.

Siswa PG dan TK menampilka­n lagu-lagu nasional. Selain itu ada pertunjuka­n wayang orang yang seru dan menghibur. Serta, lomba baca puisi yang sangat khidmat dan syahdu. ”Dengan adanya acara seperti ini terlihat bahwa Sekolah Ciputra merupakan tempat untuk menempuh edukasi dengan pembelajar­an yang utuh,” ujar Marcom Manager Cornelia Nathalie.

 ?? SEKOLAH CIPUTRA FOR JAWA POS ?? EDU UPDATE
JUNJUNG TINGGI BUDAYA BANGSA: Pada Oktober lalu, Sekolah Ciputra menghelat perayaan Bulan Bahasa. Seluruh siswa dari playgroup (PG) hingga SMA menampilka­n berbagai pertunjuka­n dengan mengenakan busana daerah.
TERUS BERKARYA: Pemenang drawing competitio­n tingkat TK dan SD bersama para juri. Kompetisi ini berlangsun­g pada Sabtu (26/10).
SEKOLAH CIPUTRA FOR JAWA POS EDU UPDATE JUNJUNG TINGGI BUDAYA BANGSA: Pada Oktober lalu, Sekolah Ciputra menghelat perayaan Bulan Bahasa. Seluruh siswa dari playgroup (PG) hingga SMA menampilka­n berbagai pertunjuka­n dengan mengenakan busana daerah. TERUS BERKARYA: Pemenang drawing competitio­n tingkat TK dan SD bersama para juri. Kompetisi ini berlangsun­g pada Sabtu (26/10).
 ?? SEKOLAH CIPUTRA FOR JAWA POS ?? AJARKAN SPORTIVITA­S: Ciputra Cup merupakan ajang tahunan kompetisi basket dan sepak bola tingkat SD sampai SMA. Event ini ditangani sendiri oleh para siswa.
SEKOLAH CIPUTRA FOR JAWA POS AJARKAN SPORTIVITA­S: Ciputra Cup merupakan ajang tahunan kompetisi basket dan sepak bola tingkat SD sampai SMA. Event ini ditangani sendiri oleh para siswa.
 ?? YOGA/ZETIZEN ??
YOGA/ZETIZEN

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia