Jawa Pos

Korsleting, Satu Kamar Kos Hangus

-

SURABAYA, Jawa Pos – Penghuni rumah kos di Jalan Jemur Wonosari Gang Lebar panik. Salah satu kamar di lantai 2 mengeluark­an api. Ledakan kecil sempat terdengar. Kejadian itu tak menimbulka­n korban jiwa. Namun, seluruh isi kamar kos ludes dilalap api.

Peristiwa itu terjadi pukul 14.00. Menurut Fahruddin, salah seorang saksi, api menjalar dengan cepat. Awalnya, dia hanya mendengar ledakan kecil dari samping kamarnya. Suara tersebut membuatnya penasaran. Apalagi, lampu kamar langsung padam. ’’Saat itu saya tidur, kaget, terus bangun,’’ paparnya.

Begitu keluar dari kamar, Fahruddin melihat api sudah membubung dari kamar sebelahnya. Asap pekat menutupi kamar yang berukuran 3 x 3 meter tersebut. Dia lantas berusaha membuka pintu kamar itu. Selanjutny­a, dia mengambil air dengan ember. ’’Pemilik kos lapor ke command center,’’ ucapnya.

Kabid Operasiona­l Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Bambang Vistadi menyatakan, empat menit setelah mendapat laporan, dua mobil PMK dari Rayon III Rungkut tiba di lokasi. Sekitar 15 menit kemudian, petugas berhasil melakukan pembasahan. ’’Api bisa dipadamkan warga sekitar. Berdasar bukti di lokasi, kebakaran dipicu hubungan arus pendek. Sebab, ditemukan stop kontak yang hangus terbakar,’’ terangnya.

Ilham Dafa, penghuni kamar, pun gugup. Dia mengatakan, saat pergi ke kampus sekitar pukul 13.00, kondisi sakelar stop kontak sudah off. Hanya, kepala charger masih berada di colokan.

Untung, api tak menghangus­kan barang berhargany­a. ’’Tadi ada acara kampus, makanya pergi begitu saja. Tapi, listrik padam kok,’’ ujar mahasiswa Unusa tersebut.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia