Jawa Pos

Tamu Soppeng Jajal Bikin Barenami

-

SURABAYA, Jawa Pos – Batik pewarna alami alias barenami, produk unggulan SMPN 3, memikat tamu Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. Sebanyak 54 tamu dinas pendidikan dan kepala sekolah bahkan menjajal untuk membuat barenami.

Balqis Dea dan Raudatus Zakiyah menjelaska­n tahapan untuk membuat barenami. Dimulai dengan meletakkan daun di atas kain, lalu ditutup dengan bagian kain yang lain. ”Setelah ditutup, di atasnya diberi plastik. Kemudian, daunnya dipukulpuk­ul,” ujar Balqis.

Siswa kelas IX SMPN 3 itu menjelaska­n, daun dipukul dengan mengikuti serat daun. Dengan begitu, warna dan motif daun menempel sempurna pada kain.

Setelah itu, kain dikeringka­n hingga sisa-sisa daun yang menempel bisa terkelupas. ”Tak perlu daun khusus. Bisa menggunaka­n sisa sayur di rumah. Namun, diusahakan daun yang bertekstur dan kandungan airnya sedikit,” papar Raudatus.

Rombongan lantas diajak berkelilin­g ke sudut sekolah untuk melihat pengolahan limbah sekolah menjadi kompos.

Mereka juga menjajal jus sawi rasa avokad buatan siswa. Pembelajar­an dengan metode tutor sebaya dan teleconfer­ence turut dipamerkan.

”Kami tidak sabar menerapkan banyak hal yang sudah kami dapatkan hari ini ketika nanti sampai di Soppeng. Terutama teknik pewarnaan batik dengan daun,” ujar Umar, Kabid Dikdas Dispendik Soppeng.

Kepala SMPN 3 Budi Hartono menuturkan, kunjungan tersebut tidak terlepas dari penghargaa­n juara I dalam lomba budaya mutu sekolah (LBMS) oleh Pemkot Surabaya pada Agustus lalu. ”Mereka studi banding untuk meniru sekolah kami. Nanti hal-hal baik yang didapatkan di sini bisa ditiru di sana,” ujar Budi.

 ??  ??
 ??  ??
 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? KEDATANGAN TAMU DARI SOPPENG: Kepala SMPN 3 Budi Hartono (dua dari kiri) menunjukka­n cara membuat barenami.
DIPTA WAHYU/JAWA POS KEDATANGAN TAMU DARI SOPPENG: Kepala SMPN 3 Budi Hartono (dua dari kiri) menunjukka­n cara membuat barenami.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia