Jawa Pos

Bukan Sungguhan, Hanya Pementasan

-

VIDEO yang dilengkapi keterangan bahwa seorang wali kota didorong hingga jatuh ke sungai menyebar di semua platform media sosial (medsos). Katanya, warga marah lantaran sang wali kota tidak menepati janjinya untuk membangun jembatan.

”Walikota ini menjanjika­n sebuah jembatan di sungai dia datang lgi untuk kampanye pemilihan masa jabatan baru dan menjanjika­n hal yg sama dan hanya mengobral janji yg tak pasti gmna publik menyambut nya mblo.” Begitulah narasi yang ditulis akun Twitter Yumi pada 22 Oktober 2019.

Dalam video itu, tampak seseorang berkemeja putih seperti sedang berkunjung ke sebuah tempat. Beberapa warga menyambut dengan menyoraki kedatangan pria tersebut. Sesampai di tepi sungai, tiba-tiba seorang pria mendorong wali kota itu ke sungai. Lalu, dia tersungkur dan lari tunggangla­nggang.

Sayangnya, video berdurasi 16 detik itu tidak memberitah­ukan lokasi kejadian tersebut. Hanya ada sedikit petunjuk tulisan berbunyi, Portal Engomadeir­a. Saat tulisan itu ditelusuri di mesin pencari

Google, muncul video dari halaman

Facebook Portal Engomadeir­a. Video tersebut berdurasi sembilan menit dengan keterangan berbahasa Portugis yang menyertaka­n beberapa tagar.

”Politisi telah berjanji dan tidak memenuhiny­a. Kemudian dibuang ke selokan terbuka,” begitu keterangan video yang ditulis pada 11 Mei 2019. Lalu, arti tagar yang disertakan berbunyi, Rekaman, Pementasan, Realitas Kehidupan.

Ada empat sesi adegan yang ditampilka­n. Menit awal menunjukka­n sebuah trailer. Kedua, memperliha­tkan seorang politikus sedang blusukan dan melakukan dialog dengan warga pinggiran. Ketiga, terlihat sebuah tulisan berbunyi, ”4 tahun kemudian. Anggota dewan terpilih dan tidak menepati janjinya”. Terakhir, sang politikus didorong ke sungai, tercebur, dan akhirnya lari tunggang-langgang. Anda dapat melihat video itu di bit. ly/PentasVers­iLengkap.

Namun, ada sebuah portal berita g1.globo.com yang ternyata mengulas video itu secara terperinci pada 6 Juni 2019. Disebutkan bahwa video tersebut sebenarnya merupakan pementasan yang dilakukan Portal Engomadeir­a, sebuah fanpage yang dibuat penduduk lingkungan Engomadeir­a di Salvador, Bahia, negara bagian Brasil. Erico Silva, penanggung jawab portal itu, juga hadir di akhir video.

Sebenarnya, pria yang berperan sebagai politikus dan didorong ke selokan itu adalah wakil presiden dari asosiasi warga lingkungan Engomadeir­a. Tujuan Portal Engomadeir­a membuat video itu untukmenun­jukkankeny­ataandimas­yarakat. Mereka ingin menyuaraka­n aspirasi warga dan komunitas yang tidak pernah didengar. Anda dapat membacanya di bit. ly/Pementasan­Realitas.(zam/c6/fat)

Video yang disebar akun Twitter Yumi merupakan pementasan kondisi realitas masyarakat di Engomadeir­a, Bahia, Brasil. Video itu dibuat komunitas penduduk lingkungan Engomadeir­a pada Mei 2019.

 ??  ??
 ?? ILUSTRASI CHIS/JAWA POS ??
ILUSTRASI CHIS/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia