Jawa Pos

Gigi Rilis Box Set

Ada Kasetnya

- Tulus Tutup Tur Konser Sewindu

JAKARTA, Jawa Pos – Tren musik digital dan streaming platform

tidak menyurutka­n niat Gigi untuk merilis album fisik. Kemarin (2/11) band beranggota Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitar), Gusty Hendy (drum), dan Thomas Ramdhan (bas) itu merilis exclusive box set. Yakni, sebuah kotak berisi merchandis­e

spesial untuk Gigikita, fans berat Gigi.

Perilisan itu, kata Armand, dilakukan dalam rangka perayaan 25 tahun Gigi. Dalam box set tersebut, ada DVD yang berisi keseharian dan diary yang ditulis setiap personel, kaus, member card, dan satu kaset minialbum Silver.

Tidak, Anda tidak salah baca. Isinya memang benar ada kaset yang harus diputar di tape. Album tersebut berisi lima lagu yang saat ini belum beredar versi digitalnya.

Menurut Armand, dirinya dan tiga rekan memang sangat ingin membuat album fisik yang bisa jadi collectabl­e item. ’’Buat pengingat untuk anak-anak sekarang bahwa album fisik itu ada lho. Lagian sekarang juga masih ada yang nyari kaset atau vinyl

buat dikoleksi,’’ kata dia seusai jumpa pers di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, kemarin (2/11).

Bisa dibilang, perilisan album Silver dan box set adalah apresiasi Gigi untuk Gigikita garis keras. Keempat personel menjelaska­n bahwa ide pembuatan box set dan kaset berawal dari perbincang­an dengan Erix Soekamti. Personel band Endank Soekamti itu mengungkap­kan bahwa ada tiga jenis penggemar. Die hard fans yang merasa wajib punya album fisik, fans garis tengah yang hanya kadangkada­ng membeli album fisik, serta fans yang hanya suka satu lagu sehingga lebih memilih streaming platform.

Gigi sejak awal optimistis dengan perilisan box set dan kaset itu. Buktinya, saat preorder dibuka pertengaha­n bulan lalu, peminatnya cukup banyak sehingga sudah ditutup. Karena eksklusif, hanya ada sekitar 1.000 boks yang diproduksi. Buat yang ingin mendengar lagu baru di streaming platform, mereka harus menunggu 1–3 bulan lagi. ’’Nanti dalam perjalanan­nya, lima lagu baru di minialbum Silver bisa kami rilis di semua platform,’’ kata Armand.

Rayi RAN bercerita di panggung bahwa dirinya mengenal Tulus sejak masa kuliah. Teman Rayi adalah teman Tulus juga. RAN sendiri pernah bekerja sama dengan Tulus di single Kita Bisa. Di mata para personel RAN, Tulus adalah sosok yang menginspir­asi banyak orang. ”Enggak nyangka Tulus sebesar ini sekarang. Setiap lihat nama Tulus selalu buat tersenyum. Karena karyanya makin besar lho,” ucap Nino RAN.

Setiap beraksi di atas panggung, Project Pop tak pernah absen bikin penonton tertawa. Setelah bernyanyi Satu Hari di Bulan Juni, Tika Panggabean memberikan sebuah amplop. ”Dibuka ya,” ucap Tika pada Tulus. Tika bilang amplop tersebut sebagai ucapan terima kasih. Project Pop lalu bergegas meninggalk­an panggung. Tulus tak bisa menahan tawanya setelah membuka amplop itu. ”Dua belas ribu rupiah!” serunya.

JAKARTA, Jawa Pos – Tak terasa sudah 8 tahun Tulus, 32, menghiasi industri musik tanah air dengan lagu-lagunya yang menenangka­n dan positif. Sebagai hadiah buat fans, penyanyi berdarah Minangkaba­u itu menggelar tur konser Sewindu di beberapa kota. Jumat malam (1/11), tur tersebut ditutup dengan penampilan­nya di Istora Senayan, Jakarta, dalam Festival Sewindu Tulus.

Tahun depan, Tulus mungkin akan lebih banyak berada di studio. Sebab, dia mengaku akan berfokus untuk penggarapa­n album baru. Ribuan Teman Tulus (sebutan penggemar Tulus) pun berkaraoke masal ikut menyanyi bersamanya.

Tak sendiri, pelantun Gajah tersebut juga mengundang musisi lain untuk berbagi panggung. Ada Kunto Aji, Andien, RAN, Glenn Fredly, dan Project Pop. ”Nama saya Tulus, saya penyanyi dan penulis lagu. Saya bangga bisa menjamu teman-teman. Apalagi kamu!”sapanya. Melihat antusiasme penontonny­a yang sangat besar, dia pun terkesan. ”Andai di dunia ini, jodoh saya sebanyak ini,” tambahnya. Mendengar perkataann­ya, para Teman Tulus pun histeris dan bersorak.

Tamu cilik satu ini sukses bikin penonton gemas. Dia adalah Kawa, putri penyanyi Andien. Setelah menyanyi bareng Andien, Tulus memanggil Kawa ke atas panggung. ”Kawa nyanyi bareng Ibu, ya. Katanya tadi mau nyanyi?” ucap Tulus sambil berjongkok di depan Kawa.

Bocah lucu itu lantas menemani Andien saat membawakan Belahan Jantungku. Tingkah pola bocah 2 tahun itu mendulang tepuk tangan dari penonton. Sebelum meninggalk­an panggung, Kawa tampak malu ketika sang ibu memintanya melambaika­n tangan. Dia menutup kedua matanya.

 ?? IMAM HUSEIN/ JAWA POS ?? TEMAN YANG MENGINSPIR­ASI
PROJECT POP BERI AMPLOP (sam/c25/jan)
TAMU CILIK
MENYANYI: Tulus di Festival Sewindu di Istora Senayan Jumat malam (1/11) .
IMAM HUSEIN/ JAWA POS TEMAN YANG MENGINSPIR­ASI PROJECT POP BERI AMPLOP (sam/c25/jan) TAMU CILIK MENYANYI: Tulus di Festival Sewindu di Istora Senayan Jumat malam (1/11) .
 ?? GLANDY BURNAMA/JAWA POS ?? 25 TAHUN BERSAMA: GIGI di Kemang, Jaksel, kemarin. Mereka membuat produk spesial bagi fan garis keras.
GLANDY BURNAMA/JAWA POS 25 TAHUN BERSAMA: GIGI di Kemang, Jaksel, kemarin. Mereka membuat produk spesial bagi fan garis keras.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia