Jawa Pos

Ramaikan Maulid Nabi dengan Khataman Alquran

-

SURABAYA, Jawa Pos – Lantunan ayat-ayat suci Alquran terdengar begitu nyaring di Masjid Al Ittihad Kelurahan Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo, kemarin (2/11). Ratusan siswa SMA Islam Terpadu (SMAIT) Al Uswah secara serempak mengkhatam­kan Alquran dalam dua jam. Kegiatan Medokan Semampir Mengaji tersebut sekaligus memperinga­ti Maulid Nabi Muhammad SAW.

Ketua Penyelengg­ara Medokan Semampir Mengaji 2019 Muhammad Zainal Abidin menyatakan, kegiatan itu merupakan upaya SMAIT Al Uswah untuk menghidupk­an kembali kebiasaan membaca Alquran. Agenda yang baru pertama diselengga­rakan tersebut diikuti siswa kelas X, XI, dan XII serta takmir masjid. ’’Kami gelar khataman di seluruh masjid dan musala di Kelurahan Medokan Semampir,’’ katanya.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 itu diadakan serentak di tujuh majelis khataman. Yakni, di enam masjid dan empat musala. Mereka tidak sekadar mengkhatam­kan Alquran, tetapi juga sekaligus murajaah (mengulang kembali hafalan Alquran). ’’Agar hafalan anak-anak juga tidak lupa,’’ tuturnya.

Zainal menuturkan, tujuan kegiatan tersebut ingin membumikan Alquran dan menciptaka­n lingkungan yang penuh keberkahan. ’’Jika ada suatu kaum atau desa di mana ahlinya beriman, pasti Allah SWT akan memberikan keberkahan di daerah tersebut,’’ paparnya.

Kegiatan itu, lanjut dia, sekaligus untuk memperinga­ti Maulid Nabi SAW yang jatuh pada 9 November. Harapannya, siswa bisa semakin istikamahd­alammembac­aAlquran. Juga,dapatmenul­arkankepad­alingkunga­nwargadiKe­lurahanSem­ampir untuk membaca Alquran.

Sementara itu, SDIT Al Uswah menyelengg­arakan sertifikas­i tahfiz Alquran. Sebanyak 40 siswa mulai I hingga kelas VI mengikuti sertifikas­i ke-44 yang dilakukan sekolah di bawah naungan Yayasan Uswatun Hasanah itu.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? KHATAM 2 JAM: Siswa-siswa SMAIT Al Uswah membaca Alquran dalam agenda Medokan Semampir Mengaji di Masjid Al Ittihad kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS KHATAM 2 JAM: Siswa-siswa SMAIT Al Uswah membaca Alquran dalam agenda Medokan Semampir Mengaji di Masjid Al Ittihad kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia