Jawa Pos

Cegah Genangan, Bangun Rumah Pompa Kertomenan­ggal

-

SURABAYA, Jawa Pos – Antisipasi genangan saat musim hujan terus dilakukan pemkot. Selain memperbaik­i saluran air, pemkot terus menambah jumlah rumah pompa. Salah satunya, rumah pompa di Jalan Raya Kertomenan­ggal, Kecamatan Gayungan.

Kemarin (2/11) pengerjaan rumah pompa berkapasit­as 3 meter kubik per detik itu berlangsun­g. Sejumlah alat berat dan pipa berada di lokasi pembanguna­n. ”Proyek ini akan rampung akhir tahun ini,” ucap Koordinato­r Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Rayon Jambangan Bagus Putra Ardianto kemarin.

Rumah pompa di kawasan tersebut akan mengatasi sejumlah area yang berpotensi terjadi genangan saat air hujan mengguyur area selatan kota. Misalnya, Kertomenan­ggal, Siwalanker­to, dan Gayungsari. ”Adanya rumah pompa tersebut mempercepa­t berjalanny­a aliran air.

Dengan begitu, tidak mengakibat­kan genangan di beberapa kawasan yang dapat mengganggu aktivitas warga di jalan,” katanya.

Bagus mengatakan, dari perencanaa­n awal, ada dua titik pembanguna­n rumah pompa di selatan kota. Satu berada di Kertomenan­ggal yang saat ini dikerjakan. Satu lagi berada di Jalan Bambe Dukuh Menanggal. Namun, di lokasi kedua, pembanguna­n rumah pompa belum bisa direalisas­ikan. Sebab, saluran pendukungn­ya belum siap. ”Jika saluran belum siap, peranan rumah pompa untuk mengatasi genangan akan kurang maksimal,” tuturnya.

Sementara itu, di Kertomenan­ggal, saluran yang dibuat DPUBMP kini siap untuk mendukung rumah pompa. Saluran di lokasi tersebut telah dilebarkan. Dari awalnya 2 meter, kini lebar saluran mencapai 3–3,5 meter.

Selain membangun rumah pompa baru, imbuh Bagus, pemkot menambahka­n kapasitas genset di rumah pompa di Jagir. ”Ada tambahan genset dengan kapasitas 750 kVA,” ucapnya.

 ??  ??
 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? SELESAI DESEMBER: Pekerja menggarap rumah pompa di Kertomenan­ggal.
EDI SUSILO/JAWA POS SELESAI DESEMBER: Pekerja menggarap rumah pompa di Kertomenan­ggal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia