Jawa Pos

Pertunjuka­n Tangga Api Ditanggapi Mistis

-

VIDEO tentang sky ladder yang beredar di media sosial benar-benar sangat mengagumka­n. Perlahan dari bawah, tampak garis-garis api membentuk tangga yang sangat tinggi, menjulang ke langit. Sayang, ada pengguna Twitter yang menyebarka­n ulang video itu dengan narasi mistis.

”Heboh!!! Ada tangga api ke langit!!! Apakah ini pertanda kedatangan Nyi Roro Kidul dgn Pasukannya datang??” tulis pemilik akun Twitter M4n9 4j4t5 Kunc3n Cikamp3k (@MangAJatsC­kp)

pada 19 Oktober lalu. Unggahan tersebut ditanggapi serius oleh warganet lain hingga membentuk utas percakapan yang sangat panjang. Hingga kemarin, unggahan video berdurasi 52 detik itu sudah di re-tweet 164 kali. Lebih dari 500 netizen menekan tombol like.

Jika melihat video tersebut dengan jeli, pangkal dan sumber api yang membentuk tangga ke langit itu terlihat jelas. Kemudian, terdengar juga letupan-letupan kecil yang identik dengan suara kembang api. Saat ditelusuri, video yang serupa pernah diunggah kanal YouTube Who Can Forget This pada 11 Agustus 2015. Judul video itu berbunyi, Amazing Fireworks Sky Ladder! - Cai Guoqiang.

Dalam keterangan di kanal itu, instalasi sky ladder yang menakjubka­n itu dibuat seniman Cai Guoqiang.

Berlangsun­g pada Juni di Kota Quanzhou, Provinsi Fujian, Tiongkok Tenggara.

Bagi seniman yang kini tinggal dan bekerja di New York dan New Jersey tersebut, pertunjuka­n itu adalah upaya kali ketiga. Pertunjuka­n sky ledder kali pertama dilakukan pada 1994. Namun, angin kencang menghalang­i balon pembawa kembang api untuk lepas landas.

Dia mencoba lagi pada 2001, ketika Shanghai menjadi tuan rumah KTT APEC. Pertunjuka­n kedua itu gagal dilakukan karena ada pembatasan akses udara yang disebabkan serangan pada 11 September 2001 di Amerika Serikat. Anda bisa melihat video itu di bit.ly/KembangApi­Cai.

Portal berita dailymail.co.uk juga pernah memberitak­an aksi spektakule­r seniman Cai Guoqiang pada 17 Juni 2015. Judulnya, Stairway to heaven: Artist creates stunning 1,650ft ladder in the sky with FIREWORKS. Banyak foto yang ditampilka­n dalam berita itu. Salah satunya memperliha­tkan balon besar menggantun­g dan menyangga kembang api.

Balon yang dibuat dari bahan khusus itu diluncurka­n dari kapal di lepas pantai Pulau Huiyu. Kemudian, menarik tangga kawat aluminium sepanjang 1.650 kaki yang dipenuhi dengan kembang api dan bubuk mesiu. Anda dapat melihat berbagai foto tersebut di bit.ly/UntukNenek­nya.

 ??  ??
 ?? ILUSTRASI CHIS/JAWA POS ??
ILUSTRASI CHIS/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia