Jawa Pos

Penutup Musim yang Sempurna

Ashleigh Barty Juara WTA Finals 2019

-

SHENZHEN, Jawa Pos – Ashleigh Barty menyandang status debutan di WTA Finals tahun ini. Tetapi, dia memang bukan debutan biasa. Barty adalah petenis pertama yang lolos dalam ajang yang diikuti delapan petenis putri terbaik tersebut. Pada 9 September, poin dia sudah mencukupi buat menyegel satu spot. Nah, tadi malam dia menutup petualanga­n di Shenzhen dengan gelar juara.

Dalam partai puncak di Shenzhen Bay Sports Center itu, Barty mengempask­an juara bertahan Elina Svitolina dua set langsung, 6-4, 6-3. Durasinya hanya 1 jam 26 menit. Hasil tersebut sekaligus membuat Barty mencatatka­n diri sebagai petenis putri Australia pertama dalam sejarah yang menutup akhir musim pada peringkat pertama dunia.

’’Terima kasih harus aku ucapkan untuk seluruh timku. Mereka pemberi motivasi terbesar untukku sampai mampu mencapai semua ini,’’ tutur Barty dalam speech setelah menerima trofi.

Perjalanan petenis 23 tahun itu sepanjang 2019 ini memang istimewa. Dia mengawali musim di peringkat ke-15 dunia. Maret lalu Barty meraih gelar WTA Premier Mandatory pertama sepanjang karirnya, yakni di ajang Miami Open.

Tiga bulan berselang, pada Juni, dia kembali menyita perhatian dunia. Dia merengkuh trofi mayor perdana, yakni grand slam Prancis Terbuka. Pada bulan yang sama, Barty kembali menyabet gelar juara Birmingham Classic. Gelar ketiga itulah yang membuatnya mengakuisi­si posisi nomor satu dunia dari tangan Naomi Osaka. Trofi WTA Finals membuat Barty mengunci posisi ranking dunia tertinggi tersebut hingga awal musim depan.

Sementara itu, bagi Svitolina, kekalahan tersebut menghentik­an rekor kemenangan sepuluh kali beruntun di WTA Finals. Sejak pertanding­an terakhir babak penyisihan 2017, dia selalu menang. Tetapi, kekalahan tadi malam, seiring dengan kegagalann­ya mempertaha­nkan gelar, membuat Svitolina menutup musim ini tanpa satu pun gelar. Kali terakhir petenis

25 tahun itu mengangkat trofi adalah di WTA Finals 2018 Singapura.

’’Selamat untuk Ashleigh. Kamu memang layak mendapatka­n gelar tersebut. Permainanm­u sangat mengagumka­n sepanjang tahun ini,’’ ucap Svitolina. Barty memang tampil solid. Mengandalk­an pukulan-pukulan dari baseline, dia juga cekatan saat Svitolina mengajak bermain di dekat net. Dia bisa mematahkan semua serangan sang lawan.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia