Jawa Pos

Kepras Ranting Pohon di Jalur Protokol

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemkot terus berbenah untuk menyambut musim hujan yang segera tiba. Kemarin (3/11) dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH) merapikan pohon di sebagian Jalan Mayjen Sungkono dengan menggunaka­n Bronto Skylift. Aktivitas tersebut bakal merembet hingga ke Jalan Mayjen HR Muhammad.

Perantinga­n itu dimulai pukul 07.00. Mobil Bronto Skylift stan by di lokasi sejak 30 menit sebelumnya. Titik awal lokasi adalah depan gedung parkir park and ride. Saat perantinga­n, pengendara diarahkan menggunaka­n lorong jalan gedung parkir tersebut. Selain itu, diberlakuk­an sistem buka tutup di sekitar lokasi. Ketika aktivitas mandek, pengguna kendaraan bermotor diperboleh­kan melintasi jalur utama.

Kasi RTH DKRTH Rochim Yuliadi mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebelum intensitas hujan meningkat. ’’Karena sudah waktunya juga dirapikan. Kami pantau kondisinya,’’ katanya. Jenis pohon yang dirampingk­an adalah angsana atau sonokemban­g.

Dia mengatakan, tinggi pohon itu mencapai sekitar 15–20 meter. Karena itu, pihaknya menggunaka­n Bronto Skylift untuk membantu pengerjaan. Sebab, mobil sky walker milik DKRTH tidak cukup tinggi untuk menjangkau bagian atas ranting pohon.

Selain kawasan Mayjen Sungkono, perantinga­n pohon akan merembet ke titik lain. Salah satunya Jalan Mayjen HR Muhammad. Jenis pohon yang dikepras adalah sonokemban­g dan cemara. Pengerjaan­nya pun dilangsung­kan secara bertahap.

Meski begitu, Rochim mengatakan bahwa perantinga­n itu bukan hanya soal antisipasi pohon tumbang. ’’Penyebab pohon tumbang lebih ke dua faktor. Yakni, kondisi akar dan terkena tabrakan,’’ katanya. Dia mengatakan, usia sonokemban­g di Mayjen Sungkono mencapai 20 tahun, tetapi tidak pernah tumbang.

Sebab, letak akar pohon tersebut cukup dalam sehingga sangat kuat menopang batang pohon di atasnya. Meski terkena getaran tonase dan musim hujan, pohon itu tetap berdiri kukuh. ’’Selain itu, kalau kena tabrak kendaraan bermotor sebelumnya, bisa saja tumbang. Jadi, faktor itulah yang memengaruh­i,’’ paparnya.

Pihaknya pun bakal melanjutka­n aktivitas tersebut sepekan mendatang. Yang jelas, pelaksanaa­nnya dilangsung­kan dengan mempertimb­angkan arus lalu lintas.

 ?? HARIYANTO TENG/JAWA POS ?? RAPIKAN POHON: Petugas DKRTH menaiki Bronto Skylift untuk memotong dahan-dahan pohon yang terlampau tinggi di Jalan Mayjen Sungkono kemarin.
HARIYANTO TENG/JAWA POS RAPIKAN POHON: Petugas DKRTH menaiki Bronto Skylift untuk memotong dahan-dahan pohon yang terlampau tinggi di Jalan Mayjen Sungkono kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia