Jawa Pos

Menambah Pos Baru

-

SURABAYA, Jawa Pos – Badan Penanggula­ngan Bencana dan Perlindung­an Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya menambah pos baru di kawasan Surabaya Barat. Lokasinya berada di area bundaran Jalan Mayjen Yono Suwoyo. Pos tersebut ditambah untuk mempercepa­t respons saat ada laporan dari warga.

Saat ini jumlah pos BPB Linmas Surabaya tersebar di enam titik. Yakni, Jalan Mayjen Sungkono, Tandes, Pakal, Wiyung, Balaskrump­ik, dan Mayjen Yono Suwoyo. Penempatan pos itu dinilai strategis untuk pemantauan. Terutama untuk mengantisi­pasi bencana dan keadaan darurat seperti tindakan kriminal.

Kepala BPB Linmas Eddy Christijan­to mengatakan, untuk pos di bundaran PTC, arus lalu lintas di kawasan tersebut dinilai cukup ramai. Tempatnya pun dinilai berdekatan dengan beberapa wilayah. Misalnya, Jalan Lontar, Mayjen HR Muhammad, Menganti Babatan, dan Universita­s Negeri Surabaya.

’’Pemilihan lokasi pos baru itu berdasar kajian sebelumnya. Pos itu berfungsi membantu memberikan informasi,” katanya. Fungsi lainnya, mencegah adanya kriminalit­as. Pihaknya bakal berkoordin­asi dengan kepolisian setempat sehingga upaya antisipasi tersebut bisa berjalan dengan baik.

Sementara itu, pos di bundaran PTC tak luput dari aksi vandalisme. Terdapat coretan tidak jelas yang pelakunya belum diketahui. Kondisi tersebut membuat pemkot berang. Sebab, aksi vandalisme di fasilitas umum tidak hanya terjadi sekali dan satu wilayah.

’’Di sejumlah kawasan seperti Basuki Rahmat juga terjadi aksi yang merugikan seperti itu. Langsung dicat ulang lagi,’’ ungkapnya. Pihaknya pun bakal memasang CCTV di sekitar pos tersebut. Edy menegaskan akan melakukan penindakan tegas jika pelakunya tertangkap.

 ?? HARIYANTO TENG/JAWA POS ?? PEMANTAU: Pos baru BPB Linmas Surabaya di area bundaran Jalan Mayjen Yono Suwoyo.
HARIYANTO TENG/JAWA POS PEMANTAU: Pos baru BPB Linmas Surabaya di area bundaran Jalan Mayjen Yono Suwoyo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia