Jawa Pos

Bernostalg­ia Sekaligus Berbagi Kebahagiaa­n

Alumni SMPN 4 Gelar Reuni Akbar

-

SURABAYA, Jawa Pos – Blusukan ke kampung, mengenang jalan, rumah, atau masjid yang pernah mewarnai masa kecil. Itulah yang dilakukan alumni SMPN 4 Surabaya kemarin (3/11). Titelnya reuni akbar. Yakni, angkatan 1960–2019. Tapi, yang datang lebih banyak berasal dari angkatan 1990-an dan tahun bawahnya. Kegiatan bertajuk Ayo Rek, Sambang Sekolah Tilik Doeloer itu juga diisi dengan berbagi rezeki kepada warga sekitar.

Mereka berjalan-jalan di kawasan sekitar sekolah. Yakni, Kampung Blauran, Kebangsren, dan Blauran Kidul. Alumnus yang berusia lebih dari 50 tahun membawa poster yang disiapkan dari rumah. Lantas, poster itu ditempelka­n di tempat yang punya kenangan istimewa. Salah satunya poster bertulis Nek Jumatan aku sembahyang ndik masjid iki.

Tidak hanya berkelilin­g dan bernostalg­ia, mereka juga membagi sembako kepada warga yang membutuhka­n. ’’Itu merupakan bentuk kontribusi alumni kepada warga juga. Jadi, kami enggak sekadar berpesta,’’ kata Ketua Ikatan Alumni SMPN 4 Surabaya (Ikan Sepat) Deni Yuherawan.

Setelah itu, mereka berkolabor­asi dengan warga Kampung Ketandan untuk membuat mural sepanjang 5 meter yang digambari suasana Kota Surabaya. Selama setengah jam, mereka bergantian melukis. Lukisan akan dilanjutka­n para warga Kampung Ketandan. ’’Mereka sudah terkenal bagus menggambar mural. Itu yang membuat kami tertarik berkolabor­asi,’’ ujar pria yang juga menjabat wakil rektor I Universita­s Trunojoyo Madura itu.

Setelah berkelilin­g kampung dan melukis mural, para alumnus kembali ke SMPN 4 Surabaya. Di sana, mereka menikmati jajanan khas Surabaya dari UMKM. Di depan sekolah, warga sekitar juga diajak membuka stan barang bekas. ’’Tujuan kami meningkatk­an kesejahter­aan UMKM dan warga sekitar juga,’’ imbuh Deni.

Kegiatan tersebut merupakan kali pertama digelar ikatan alumni. Namun, bukan berarti mereka tidak pernah bersilatur­ahmi sebelumnya. Biasanya, setiap angkatan juga mengagenda­kan kegiatan sendiri. Misalnya yang ditunjukka­n angkatan 1968. Mereka rajin mengagenda­kan jalan-jalan setiap tahun. Baik di dalam negeri maupun luar negeri.

’’Itu merupakan kunci kami untuk selalu bahagia dan tidak stres,’’ ujar salah seorang alumnus SMPN 4 Surabaya angkatan 1968, Maria Ichsan.

Maria menjelaska­n, dalam setiap kegiatan reuni, masing-masing angkatan juga menyisihka­n rezeki untuk kegiatan sosial. Termasuk untuk kegiatan kemarin. Ke depan, para alumnus akan meningkatk­an kerja sama dengan sekolah dan warga sekitar lagi. ’’Kami sudah menemukan potensi siswa dan warga pada kegiatan itu,’’ kata Maria.

 ?? ALFIAN RIZAL / JAWA POS ?? DISIAPKAN DARI RUMAH: Sebagian alumni SMPN 4 Surabaya memasang spanduk berisi tulisan kenangan mereka di bangunan yang terkait dalam reuni akbar kemarin.
ALFIAN RIZAL / JAWA POS DISIAPKAN DARI RUMAH: Sebagian alumni SMPN 4 Surabaya memasang spanduk berisi tulisan kenangan mereka di bangunan yang terkait dalam reuni akbar kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia