Jawa Pos

FRANKIE MENOLAK MENJADI SOLARI

-

KIPER

Dalam dua laga terakhir, Kepa gagal clean sheet. Meski begitu, refleks luar biasa pada injury time saat membantu Chelsea mengalahka­n Watford 2-1 akhir pekan lalu (3/11) membuatnya layak menyandang status kiper termahal dunia.

BELAKANG

Kapten Chelsea yang memiliki mobilitas tinggi sebagai fullback kanan. Ratarata umpan diagonalny­a di berbagai ajang 0,9 kali. Azpilicuet­a menghasilk­an dua assist.

Eks pemain Manchester United ini sudah punya pengalaman menghadapi penyerangp­enyerang klub Premier League. Dengan rata-rata 1,9 tekel dan 1,4 intersep per laga, Blind adalah tembok kuat di lini belakang.

TENGAH

Pemain berjuluk Captain America ini sedang berada dalam performa terbaik. Dalam tiga laga terakhir, dia membuat empat gol. Rerata tembakan akuratnya juga 1,7 kali per laga.

Sebelum dibobol striker Chelsea Michy Batshuayi pada matchday ketiga (23/10), Onana menggagalk­an sembilan tembakan di Liga Champions.

Jumlah gol dan assist-nya musim ini sama-sama delapan. Ziyech menjadi pemain dalam tim yang paling agresif dengan tembakan rata-rata per laga mencapai 4,3 kali.

DEPAN

Kutukan nomor sembilan Chelsea sejauh ini tak berlaku. Sebelas gol dalam 14 laga membuat Abraham menjadi mesin gol andalan The Blues.

Kontribusi terbesar Tadic sejauh ini adalah assist. Sebanyak 12 assist sudah dibukukann­ya. Akurasi umpannya mencapai 80 persen di semua ajang. 28 15 29

FRANK LAMPARD 33 17 5 19 10 433 9 22

LONDON, Jawa Pos – Dalam enam pertanding­an tandang Premier League musim ini, Chelsea berhasil menang lima kali. Di Liga Champions, The Blues selalu pulang dengan poin absolut saat berlaga di luar Stamford Bridge. Apakah performa Chelsea justru lebih garang saat bermain away? Faktanya, dari delapan kali bermain di kandang sendiri, Cesar Azpilicuet­a dkk hanya menang 3 kali, seri 2 kali, dan kalah 3 kali. Jomplangny­a hasil yang didulang Chelsea saat bermain di Stamford Bridge dan di luar Stamford Bridge diakui sang pelatih, Frank Lampard. Super Frankie –julukan dari fans Chelsea untuk Lampard– menyebut, tampil di depan pendukung sendiri malah tak memberikan rasa rileks bagi anak asuhnya.

”Saat jauh dari rumah (Stamford Bridge, Red), situasinya adalah kami mungkin diremehkan. Hal itullah yang menjadikan permainan kami terlihat lebih mengalir ketika tidak bermain di kandang,” tutur Lampard sebagaiman­a dikutip The Belfast Telegraph kemarin (4/11). Pelatih 41 tahun itu melanjutka­n gerutuanny­a bahwa timnya memang tak bisa bermain stabil. 4231

Kandang dan tandang selalu berlainan situasi. Pada laga kandang terakhir, di putaran keempat Piala Liga, Chelsea takluk 1-2 oleh Manchester United (31/10). ”Saya akan sangat bergembira jika anak-anak bisa lebih konsisten dalam waktu yang lama,’’ imbuh pelatih termuda Premier League 2019– 2020 tersebut.

Entah kebetulan atau tidak, dua pemain Chelsea mampu mencatatka­n hat-trick musim ini, masing-masing Tammy Abraham (versus Wolverhamp­ton Wanderers, 14/9) dan Christian Pulisic (versus Burnley, 26/10). Dan, semua terjadi di laga tandang.

ERIK TEN HAG

Dengan deretan fakta moncernya performa Chelsea saat main tandang, tekanan malah dialami Chelsea saat menjamu Ajax Amsterdam pada

matchday keempat grup H Liga Champions dini hari nanti (siaran langsung SCTV

pukul 03.00 WIB). Cerita sukses The Blues mempermalu­kan Ajax 1-0 dalam matchday ketiga di Johan Cruijff Arena (24/10) pun dianggap ”abnormal”.

Dalam laga kandang sebelumnya sekaligus home perdana Lampard menangani Chelsea di level Eropa, Chelsea dipermaluk­an Valencia dengan skor 0-1 (18/9). Anehnya, Valencia malah kalah telak di kandang oleh Ajax dengan skor 0-3 pada matchday kedua (3/10). ”Seperti kami, Ajax sangat berbahaya ketika bermain di luar kandang,” ucap Lampard sebagaiman­a dilansir

Football London.

Dalam sejarah Liga Champions, hanya pelatih Real Madrid musim lalu, Santiago Solari, yang menorehkan sejarah tentang rekor sempurna di luar kandang. Solari sukses menyapu bersih dua laga tandang Los Merengues, tetapi selalu kalah dalam dua laga di Estadio

Santiago Bernabeu. Jika menelan hasil negatif dini hari nanti, berarti Lampard bakal menyamai statistik pelatih asal Argentina tersebut.

Di sisi lain, kans Ajax menyulitka­n Chelsea di Stamford Bridge terbuka. Selain selalu menang plus mencetak 11 gol dalam empat laga tandang terakhir, pelatih Ajax Erik ten Hag termasuk jagoan tandang. Dalam tujuh laga tandang di ajang Liga Champions, Ten Hag tidak terkalahka­n alias lima kali menang dan dua kali seri.

Bek tengah Ajax Daley Blind pun menyimpan memori manis bersua Lampard di Inggris. Yakni, pada musim 2014–2015 saat Lampard membela Manchester City. Pada laga di Old Trafford (12/4/2015), Blind yang membela Manchester United menang 4-2 atas Super Frankie. Meski, saat itu Lampard hanya bermain sejak menit ke-74 untuk menggantik­an Jesus Navas.

 ?? GLYN KIRK/AFP ERIC VERHOEVEN/SOCRATES ?? 1
ANOMALI KANDANG: Pemain Ajax yang dimotori Daley Blind (tengah) selalu menang dalam empat laga tandang terakhir. Foto kiri, Frank Lampard menendang bola dalam sesi latihan Chelsea di Cobham kemarin.
GLYN KIRK/AFP ERIC VERHOEVEN/SOCRATES 1 ANOMALI KANDANG: Pemain Ajax yang dimotori Daley Blind (tengah) selalu menang dalam empat laga tandang terakhir. Foto kiri, Frank Lampard menendang bola dalam sesi latihan Chelsea di Cobham kemarin.
 ?? WASIT STADION ??
WASIT STADION
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia