Jawa Pos

Bangun Museum dan Kafe untuk Afridza

-

TASIKMALAY­A, Jawa Pos – Irwan Munandar, ayah Afridza Munandar, pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) yang meninggal akibat kecelakaan di ajang Asia Talent Cup di Sirkuit Sepang Sabtu (2/11), mengatakan, pihak keluarga akan membangun museum dan kafe bernuansa motorsport untuk mengenang sang putra. Itu adalah salah satu mimpi Afridza semasa hidup yang belum sempat terwujud.

’’Ini wujud penghormat­an kepada almarhum. Afridza juga sudah bercita-cita ingin membangun kafe bernuansa motor,’’ ucap Irwan saat ditemui Radar Tasikmalay­a (Jawa Pos Group) kemarin sore (4/11).

Menurut Irwan, pihak keluarga kini mulai berancang-ancang mewujudkan mimpi itu. Dia

Hamilton meraih gelar juara dunia keenam setelah tampil di 248 race Formula 1. Sementara itu, Schumacher meraih gelar keenam setelah tampil di 195 race.

Qjuga mengatakan, dengan dibangunny­a dua tempat tersebut, dirinya ingin Riza –panggilan akrabAfrid­za– selalu dikenang sebagai pemuda berprestas­i dan sanggup mengharumk­an nama Kota Tasikmalay­a hingga Indonesia di pentas balap motor dunia.

’’Ratusan piala dan atribut sepanjang karir almarhum sebenarnya sudah disiapkan untuk dipajang,” terang Irwan. Semasa hidup, lanjut dia, Afridza adalah sosok yang disiplin. Semangatny­a tinggi untuk menjadi pembalap kelas dunia. ’’Dia sangat ingin masuk MotoGP,” ungkapnya.

Darah dan jiwa balap motor Afridza menurun dari almarhum sang kakek, Andi Suryana. Sang kakek juga merupakan pembalap nasional motorcross pada era 70-an.

Semenara itu, kepergian Afridza juga masih meninggalk­an duka mendalam untuk rekan sesama pembalap. Hal itu diungkapka­n Anggi Permana Putra, 30, pembalap motor nasional yang kemarin tampak datang melayat ke rumah almarhum. ’Almarhum adalah sosok yang santun pada senior dan junior,” ucap Anggi. Dia sempat satu tim dengan Afridza pada 2017 hingga 2018. Itu terjadi saat keduanya sama-sama tergabung di Astra Honda Racing Team (AHRT).

Sementara itu, jenazah Afridza tiba di rumah duka kemarin sekitar pukul 21.30 WIB. Kedatangan jenazah disambut ribuan pelayat. Isak tangis keluarga pecah saat melihat peti jenazah tiba diiringi gema tahlil. Jenazah dikebumika­n di pemakaman keluarga, Kampung Sambong Bencoy, Tasikmalay­a.

Hamilton meraih gelar juara dunia keenam setelah mendapat 150 podium sepanjang karir. Sedangkan Schumacher mendapat 122 podium.

Q

 ?? DENDEN AHDANI/RADAR TASIKMALAY­A TV ??
DENDEN AHDANI/RADAR TASIKMALAY­A TV
 ??  ?? BERPRESTAS­I: Keluarga memperliha­tkan atribut dan penghargaa­n balap Afridza Munandar yang akan dimuseumka­n. Foto bawah, kedatangan jenazah Afridza disambut ribuan pelayat.
BERPRESTAS­I: Keluarga memperliha­tkan atribut dan penghargaa­n balap Afridza Munandar yang akan dimuseumka­n. Foto bawah, kedatangan jenazah Afridza disambut ribuan pelayat.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia