Jawa Pos

Wali Kota Instruksik­an Semua Pihak All-out

-

SURABAYA, Jawa Pos – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i punya atensi khusus terhadap datangnya musim hujan. Dia sampai membuat surat khusus agar warga lebih waspada terhadap potensi bahaya. Mulai tersengat listrik hingga penyakit. Selain itu, warga diminta menjaga kesehatan.

Surat imbauan tersebut secara khusus ditujukan kepada kepala organisasi perangkat daerah (OPD), PLN Distribusi Jawa Timur, camat, lurah, pemilik papan reklame, dan ketua LPMK, RW, serta RT. Surat itu didasarkan pada perkiraan BMKG Juanda bahwa pancaroba berlangsun­g mulai pekan pertama hingga ketiga bulan ini. Karena itu, Risma meminta warga bekerja bakti membersihk­an saluran, gorong-gorong, dan melakukan perampinga­n pohon.

Masyarakat juga diminta mengecek instalasi listrik untuk menghindar­i korsleting. Travo atau gardu listrik pun turut dicek. Camat dan lurah diminta mengecek kelayakan bangunan, saluran air, taman, dan instalasi listrik di fasilitas umum. Sementara itu, pemilik reklame diminta mengecek kondisi konstruksi papan reklame yang membahayak­an bagi masyarakat.

Kepala Satpol PP Surabaya Irvan Widyanto mengungkap­kan, menindakla­njuti surat imbauan tersebut, dirinya memerintah anak buahnya untuk berkelilin­g mengecek konstruksi reklame. Terutama reklame besar yang berukuran 8 meter atau lebih. ’’Dalam beberapa hari ini anggota sudah muter bersama cipta karya untuk mengecek. Sementara belum ada laporan reklame yang membahayak­an,’’ ujar Irvan kemarin (4/11). Papan reklame yang berukuran besar di Surabaya berjumlah sekitar 1.000 unit.

Selain reklame, satpol PP punya atensi khusus untuk menertibka­n bangunan liar di atas saluran agar tidak ada sumbatan. Yang sedang ditangani adalah kawasan Mulyorejo yang tidak jauh dari Pompa Air Kalidami. Mereka tengah mengupayak­an jalan terbaik agar tidak ada lagi bangunan yang berdiri di atas saluran. ’’Di daerah Tenggumung juga ada bangunan di atas saluran. Tapi, warga setempat ikut bekerja bakti. Warga semakin sadar mana yang boleh dan tidak,’’ ungkap Irvan.

 ?? ROBERTUS RIZKY/JAWA POS ?? INFRASTRUK­TUR: Proyek pemasangan box culvert di Jalan Kalisari Utara, Surabaya, untuk menghadapi musim hujan.
ROBERTUS RIZKY/JAWA POS INFRASTRUK­TUR: Proyek pemasangan box culvert di Jalan Kalisari Utara, Surabaya, untuk menghadapi musim hujan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia