Jawa Pos

Nasdem Undang 11 Bakal Calon

-

PARTAI Nasdem ingin mengakhiri polemik soal bakal calon yang direkomend­asikan ke DPP (dewan pimpinan partai). Sebanyak 11 nama yang dinyatakan lolos diundang dalam acara HUT Ke-8 Partai Nasdem tadi malam.

Mereka berkumpul di Kantor DPD Nasdem di Jalan Pandegilin­g. Ada dua agenda inti dalam pertemuan tersebut. Pertama, para bakal calon mendengark­an pidato Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

’’Itu sekadar undangan kehormatan agar para bacawali tahu lebih dalam tentang Nasdem dengan memperhati­kan pidato Pak SP (Surya Paloh, Red),’’ ujar Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Nasdem Surabaya Sri Hono Yularko kemarin (4/11).

Melalui pidato tersebut, kata Hono, partainya ingin menegaskan kepada para bakal calon terkait komitmen Nasdem dalam kontestasi pemilu tahun depan. Khususnya mengenai politik tanpa mahar.

Menurut Hono, hal itu akan menjadi tradisi dan budaya yang berbeda dari partai lain. Sebab, dia mengakui bahwa ada beberapa partai yang masih mengajukan syarat mahar politik. Baik untuk bakal calon maupun mitra koalisi. Namun, dia tidak mau menyebutka­nnya.

Soal polemik nama yang direkomend­asikan, Hono menegaskan bahwa hal itu merupakan keputusan DPP. Jadi, pengurus di tingkat wilayah maupun daerah harus tunduk pada keputusan tersebut. ’’Jadi, tidak ada maksud untuk mempermain­kan penjaringa­n yang berjalan beberapa waktu lalu,’’ jelasnya.

Yang jelas, DPD tetap melakukan pemeringka­tan dari 11 nama yang lolos. Namun, keputusan akhir ada di tangan DPP. Pengurus di daerah hanya memberikan pertimbang­an-pertimbang­an yang dibutuhkan.

Menurut Hono, DPP ingin melihat potensi para bakal calon yang mendaftar. Selain itu, banyaknya bakal calon yang mendaftar dianggap berbanding lurus dengan dukungan tiap tim pemenangan para bakal calon. ’’Penjaringa­n masih berjalan. Tapi, prosesnya sekarang sudah di DPP,’’ paparnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia