Jawa Pos

Kebut Proyek Box Culvert sebelum Musim Hujan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemasangan box culvert Sememi sisi barat terus dikebut. Kemarin pemasangan balok beton saluran tersebut sudah terpasang hingga berpapasan dengan Jembatan Klakah Rejo. Rencananya, pengerjaan terus berlanjut hingga jarak 150 meter setelahnya.

Dari pantauan di lapangan, alat berat seperti ekskavator disiagakan di lokasi. Pengurukan dilaksanak­an di sisi timur box culvert yang lebih dahulu terpasang. Dengan fokus pengerjaan tersebut, proyek bakal lebih efisien.

Pelaksana pemasangan box culvert sisi barat (Sememi) dari PT Media Cipta Perkasa Riski Sugianto mengatakan, box culvert tersebut dikerjakan secara bertahap. Sebelum

intensitas hujan tinggi, pihaknya menggenjot kelanjutan pembanguna­n sisi barat.

”Nanti dilanjutka­n dalam jarak 150 meter. Saat ini konstruksi sedang berjalan,” katanya. Selain itu, di sisi timur balok beton yang sudah terpasang, pihaknya memasang steel sheet pile (SSP). Fungsinya mengantisi­pasi terjadinya pergerakan­tanah.ApalagiJal­anRayaKand­angan tidak hanya dilewati kendaraan kecil, tapi juga truk trailer.

SSP yang dipasang tidak hanya terletak di kedua sisi dinding tanah. Namun, juga dibikin dobel SSP. Atau, biasa disebut sistem bracing. Dengan demikian, daya penahannya bisa lebih maksimal daripada dua sisi tersebut.

Kondisi tanah yang kurang bagus juga berperan penting dalam memengaruh­i area badan jalan di sampingnya. Meski begitu, jalan yang rusak akibat kondisi tanah yang buruk hanya berada di titik sebelum Jembatan Klakah Rejo. Lokasi sebelumnya tidak terpengaru­h.

Dia mengatakan, sejauh ini pembanguna­n berjalan cukup lancar. Soal tonase, pihaknya tidak terlalu mempermasa­lahkan. Sebab, tidak terlalu mengganggu pengerjaan proyek. ”Yang jelas, kami harap semuanya berjalan lancar. Pembanguna­n juga bisa cepat terselesai­kan demi masyarakat,” katanya.

 ?? HARIYANTO TENG/JAWA POS ?? BRACING: Pengerjaan proyek box culvert di Sememi memasuki tahap pemasangan double steel sheet pile.
HARIYANTO TENG/JAWA POS BRACING: Pengerjaan proyek box culvert di Sememi memasuki tahap pemasangan double steel sheet pile.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia