Jawa Pos

Relokasi Penghuni Bangli ke Flat Romokalisa­ri

Gunakan Lahan untuk Kebun Anggrek

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemkot kembali melanjutka­n pembongkar­an bangunan liar (bangli) di Sememi Jaya kemarin. Area lahan yang dipenuhi bangli itu akan digunakan untuk pembanguna­n kebun anggrek. Para penghuni bangli mulai direlokasi menuju Flat (Rumah Susun) Romokalisa­ri. Sesuai dengan rencana, hanya warga ber-KTP Surabaya yang ikut dalam daftar.

Petugas gabungan satpol PP kota dan kecamatan mendatangi lokasi bangli sejak pagi. Beberapa penghuni yang meminta bantuan pemindahan barang turut dilayani petugas. Setelah pemindahan warga tuntas, bangunan langsung dibongkar dengan menggunaka­n alat berat.

Kasi Pengelola Rumah Susun Dinas Pengelolaa­n Bangunan dan Tanah (DPBT) Surabaya Ismed Jumeidi menyatakan, penghuni bangli terdampak pembanguna­n kebun anggrek sudah mendapat sosialisas­i untuk pindah ke flat. Mayoritas menyetujui penawaran pemkot itu. ’’Tidak serta-merta penghuni itu harus pergi. Pemkot tetap memikirkan warganya juga,’’ katanya.

Selama ini, sejumlah penghuni bangli yang merupakan warga Surabaya menempati hunian Flat Romokalisa­ri. Terutama imbas dari penertiban tahap pertama. Dalam seminggu mendatang, penghuni bangli yang ditertibka­n sesi kedua juga bisa segera tinggal di flat tersebut.

Camat Benowo Muslich Hariadi mengatakan, total bangli yang sudah ditertibka­n sekitar 80 unit. Untuk tahap kedua, ada sekitar 41 unit. Sejatinya, ada dua flat yang tersedia di wilayah Kecamatan Benowo. Selain Flat Romokalisa­ri, ada Flat Bandarejo. Namun, kuota flat terakhir penuh.

Sementara itu, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya terus melanjutka­n pembanguna­n kebun anggrek dan taman. Kabid Pertanian Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya Rahmad Kodariawan menuturkan, area lahan seluas 1,5 hektare itu masuk pembanguna­n taman anggrek.

 ??  ?? RATAKAN DENGAN TANAH: Seorang pekerja membongkar bangunan liar di Sememi Jaya kemarin.
RATAKAN DENGAN TANAH: Seorang pekerja membongkar bangunan liar di Sememi Jaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia