Jawa Pos

Bisa Umrah berkat Produk Daur Ulang

-

GRESIK, Jawa Pos – Konsep penataan lingkungan yang diusung para peserta event Gresik BISA (bersih, indah, sejuk, dan asri) 2019 begitu variatif dan kreatif. Penilaian itu juga tampak dari lanjutan tahap penjurian. Kemarin (4/11) tim penilai mendatangi sembilan kawasan permukiman dan tiga sekolah.

Salah satu inovasi menarik adalah kreativita­s warga RT 6, RW 2, Desa Roomo, Kecamatan Manyar. Kampung binaan corporate social responsibi­lity (CSR) PT Smelting tersebut memiliki berbagai program di sektor penataan lingkungan. Salah satunya, penyediaan komposter komunal. ’’Komposter ini digunakan seluruh warga dan ditempatka­n di lahan khusus pengolahan sampah rumah tangga,’’ kata Ketua RT Hendi Budianto.

Warga dan pegiat lingkungan di kampung itu juga mempunyai program lain. Yakni, memanfaatk­an seluruh lahan kosong di kampung dengan beragam kreasi.

Mulai lapangan olahraga, rumah toga, hingga green house.

Warga RT 3, RW 12, Desa Yosowilang­un,

juga tidak mau kalah. Selain sudah menerapkan program penanaman toga di setiap rumah, kampung itu memiliki produk unggulan. ’’Kami memanfaatk­an limbah bekas minyak jelantah menjadi sabun,’’ ujar Ketua RT Agus Matori. Produk hasil daur ulang limbah di kampung tersebut sudah membawa banyak manfaat. ’’Bahkan, ada ibu-ibu kader lingkungan yang diberangka­tkan umrah dari hasil sampah ini,’’ ungkapnya.

Konsep penataan lingkungan warga RT 1, RW 11, Desa Yosowilang­un, juga kreatif. Mereka mengusung program vertical garden dengan dipadu sistem irigasi gravitasi. ’’Setiap layer tanaman dipasangi pipa kecil untuk aliran air sehingga warga tidak perlu repotrepot menyiramin­ya,’’ tutur Ketua RT Subakir.

 ?? POPOPOIPO ?? PEDULI LINGKUNGAN: Warga RT 6, RW 2, Desa Roomo, Manyar, memiliki komposter komunal untuk mengelola sampah. Warga RT 3, RW 12, Desa Yosowilang­un, membuat produk unggulan dari sampah. Warga RT 1, RW 11, Desa Yosowilang­un, menerapkan konsep vertikal garden dipadu sistem irigasi gravitasi.
POPOPOIPO PEDULI LINGKUNGAN: Warga RT 6, RW 2, Desa Roomo, Manyar, memiliki komposter komunal untuk mengelola sampah. Warga RT 3, RW 12, Desa Yosowilang­un, membuat produk unggulan dari sampah. Warga RT 1, RW 11, Desa Yosowilang­un, menerapkan konsep vertikal garden dipadu sistem irigasi gravitasi.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia