Jawa Pos

Ekor Truk Hantam Tiang PJU

-

SURABAYA, Jawa Pos – Penerangan jalan umum (PJU) di Jalan Kedung Cowek berkurang. Satu tiang roboh kemarin pagi (4/11). Tiang PJU di tikungan menuju Jalan Kedinding Jaya III itu tumbang lantaran ditabrak truk trailer.

Truk bermuatan 18 ton kemiri tersebut dikemudika­n Martinus Rusandi. Pria asal Maumere itu melaju dari arah Jalan Kenjeran ke Jalan Kedung Cowek sisi barat. Nahas, saat berbelok menuju Jalan Kedung Cowek sisi timur, bagian belakang truk menyenggol tiang PJU di median jalan.

Martinus menyatakan, dirinya dan rekannya, Bernadus Diktustiaw­an, tak mendengar suara hantaman atau sejenisnya. ’’Tapi, kok tiang PJU itu malah makin turun dan hampir mengenai saya. Ternyata, saya tengok tiang lampu sudah bengkok,’’ paparnya.

Martinus lantas menghentik­an truk bernomor polisi L 9240 UQ tersebut. Mereka keluar, lalu mengecekny­a. Ternyata, posisinya menutup seperempat jalur lambat dan cepat sisi timur jalan itu. Karena truk berhenti di lajur lambat, kemacetan pun terjadi. ’’Selama 15 menit sampai petugas DKRTH, linmas, dan petugas Polsek Kenjeran ke lokasi,’’ ujarnya.

Butuh setidaknya 15 menit untuk mengevakua­si PJU tersebut. ’’Pertama dipereteli dulu lampunya, lalu dilanjutka­n dengan pelepasan baut tiang,’’ kata Kepala Rayon Utara DKRTH Surabaya Bandiono.

Bandiono mengungkap­kan bahwa PJU itu sebenarnya bukan dikelola pemkot. ’’Ini masih milik Badan Pengembang­an Wilayah Suramadu (BPWS). Soal ganti rugi, nanti urusannya ke sana,’’ paparnya. Saat ini sopir dan kernet truk sedang dimintai keterangan oleh pihak kepolisian. ’’Kami tanyai soal surat-surat dan apa muatannya. Kini sedang berurusan dengan Polres Pelabuhan Tanjung Perak,’’ kata Kapolsek Kenjeran Kompol Cipto.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia