Jawa Pos

Abah Ipul Jajal Smart Driving Test

Hasilnya Gagal Lulus Ujian Praktik SIM

-

SIDOARJO, Jawa Pos – ”Saya aja gagal, tapi siap mencoba lagi.” Begitulah motivasi Bupati Saiful Ilah untuk para peserta ujian praktik di Satpas SIM Polresta Sidoarjo. Dia menyaranka­n para pemohon SIM tidak putus asa. Sebab, perangkat uji SIM memang canggih. Sensornya peka.

Sensor itu terhubung langsung dengan komputer. Seluruh hasil ujian langsung terpampang jelas dalam layar informasi di ruang tunggu. Satlantas menyebutny­a smart driving test. Istilahnya, semua transparan, no tipu-tipu.

Abah Ipul –sapaan Bupati Saiful Ilah– mengaku telah membuktika­nnya. Kemarin (4/11) orang nomor satu di Pemkab Sidoarjo itu menjajal lintasan uji praktik SIM. Awalnya, dia terlihat kesulitan. Namun, setiap rintangan dapat dia lalui sampai tuntas dengan sepeda motor. Mulai jalur lurus, zig-zag, sampai leter U.

Karena itu, hasil coba-coba Abah Ipul pun muncul di komputer. Jika dinilai sesuai standar teknologi, tidak lulus. Padahal, dia dulu jago sepeda motoran, termasuk naik motor trail. ”Maklum, sudah sepuluh tahun nggak naik motor,” canda dia.

Nilai tes sesuai praktik. Akurat dan transparan. Kebijakan itu diterapkan untuk meminimalk­an calo. Jadi, lanjut Abah Ipul, masyarakat yang tidak lulus diharapkan tidak putus asa. Masih ada waktu mencoba lagi untuk kesempatan berikutnya. Yang jelas, tegas dia, memiliki SIM bersifat wajib. ”Termasuk, perlengkap­an berkendara sesuai standar,” ungkap Abah Ipul.

Meski demikian, masih ada saja pemohon SIM yang mengeluh. Edwin Wahyudi salah satunya. Pemuda 23 tahun dari Buduran itu sudah tiga kali mencoba ujian praktik SIM. ”Gagal semua,” ucapnya. Padahal, lanjut Edwin, dirinya sudah berkorban waktu dan tenaga. Dia berharap diberi keringanan. ”Ingin tertib ternyata butuh perjuangan berat,” pungkasnya.

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Zain Dwi Nugroho menjelaska­n, inovasi pelayanan publik smart driving test itu digunakan sejak awal tahun lalu. Hasilnya dapat dipertangg­ungjawabka­n langsung kepada peserta tes. ”Ini bentuk transparan­si dan akuntabili­tas,” paparnya.

Dalam lintasan uji praktik SIM, terdapat vibration sensor dan load call sensor. Bahkan, rekaman video bisa diakses para pemohon SIM. Mereka bisa melihat langsung hasil uji praktik masingmasi­ng. ”Kesalahan apa yang dilakukan waktu praktik,” paparnya.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? SUDAH LAMA: Bupati Saiful Ilah mencoba ikut ujian praktik SIM di lokasi smart driving test Satpas SIM Polresta Sidoarjo kemarin. Foto kanan, Abah Ipul saat menelusuri Jalan Arteri Porong dengan motor trail pada 2011.
BOY SLAMET/JAWA POS SUDAH LAMA: Bupati Saiful Ilah mencoba ikut ujian praktik SIM di lokasi smart driving test Satpas SIM Polresta Sidoarjo kemarin. Foto kanan, Abah Ipul saat menelusuri Jalan Arteri Porong dengan motor trail pada 2011.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia