Jawa Pos

Disporapar Siap Ambil Alih Proyek

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Rencana Kementeria­n Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk membangun gedung olahraga (GOR) di Desa Dukuhsari, Kecamatan Jabon, tampaknya belum memiliki kejelasan. Terakhir, pemenang lelang telah diumumkan melalui website sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kemenpora. Namun setelah dicek, tidak ada informasi lebih lanjut.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo Djoko Supriyadi menyebutka­n, ternyata proyek gedung olahraga itu belum dilelang. Informasin­ya, proyek tersebut ditunda tahun depan. ”Terakhir saya tanya ke Jakarta begitu. Nah, tahun depan juga belum tahu jadi tidaknya,” kata Djoko.

Awal tahun depan Djoko akan ke Jakarta untuk menanyakan lagi secara langsung. ”Misalnya tidak dibantu, ya kami bangun sendiri, sak mlakune,” kata mantan Kabid Kebudayaan itu. Apalagi, proyek tersebut sudah digembar-gemborkan kepada warga Jabon.

Pemkab telah menyiapkan lahan seluas 700 meter persegi sejak 2018. Lokasinya tepat di belakang Koramil Jabon. ”Lahan dan surat matang, sertifikat sudah dipegang, tinggal pembanguna­n fisik mbulet,” kata Djoko.

Seandainya disporapar yang membangun, Djoko menyebut akan ada penyesuaia­n. Tidak seperti perencanaa­n dari Kemenpora. ”Kapasitas maksimal 2 ribuan, khusus untuk indoor saja. Total dana yang dibutuhkan sekitar Rp 6 miliar,” ujarnya.

Djoko menjelaska­n, walaupun bantuan dari pusat, sebagian dana dibantu pemkab. Kemenpora hanya membantu Rp 4,6 miliar. Itu hanya untuk bangunan induk. Pemkablah yang melengkapi. Mulai paving, parkir, listrik, drainase, hingga peralatan.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? Djoko Supriyadi
BOY SLAMET/JAWA POS Djoko Supriyadi

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia