Jawa Pos

Bawa Budaya Batak ke Polandia

Jesica Fitriana Menuju Miss Supranatio­nal 2019

-

MBC

JAKARTA, Jawa Pos – Satu lagi, Puteri Indonesia yang akan berkompeti­si di ajang kontes kecantikan internasio­nal. Dia adalah Puteri Indonesia Pariwisata 2019 Jesica Fitriana. Jesica sebentar lagi akan terbang ke Polandia untuk mengikuti Miss Supranatio­nal 2019.

Kemarin (5/11) di Aula Sasono Wiwoho, Menteng, Jakarta Pusat, Jesica memperagak­an sejumlah kostum dan gaun yang akan dikenakan selama karantina dan rangkaian acara Miss Supranatio­nal 2019. Salah satunya adalah national costume bertajuk The Precious, Boru ni Raja. Kostum yang terinspira­si budaya Batak itu merupakan rancangan mendiang Dynand Fariz dari Jember Fashion Carnaval.

”Boru ni Raja itu sosok yang senantiasa menjaga martabat dan kehormatan­nya. Boru ni Raja ini menjadi teladan dan inspirasi atas segala nilai-nilai luhur yang tercermin di dalam setiap aspek kehidupan,” jelas perempuan yang berulang tahun setiap 31 Maret itu. Boru ni Raja merupakan simbol dan konsep kepribadia­n perempuan Batak.

Jesica berhasil memperliha­tkan sosok perempuan yang kuat, tegas, pemberani, dan pekerja keras saat membawakan kostum tersebut. Meski, dia bukan dari Batak melainkan dari Sunda, Jawa Barat. Menurut dia, hal tersebut adalah tantangan.

Dia membaca banyak referensi mengenai kebudayaan masyarakat Batak. ”Aku Sunda. Pas tahu bakal membawakan kostum nasional dari Batak, aku senangnya bukan main. Aku bisa memperkena­lkan ragam Indonesia di mata dunia,” tambahnya.

Jesica menjalani persiapan selama 7 bulan sejak terpilih menjadi Puteri Indonesia Pariwisata 2019. Dia akan bertolak ke Polandia pertengaha­n bulan ini. Sebab, karantina dimulai pada 18 November. Sementara itu, malam final akan digelar pada 6 Desember di MCK Internatio­nal Congress Center Katowice, Polandia.

Tahun lalu, wakil Indonesia di Miss Supranatio­nal, Wilda Octavia Situngkir, berhasil menjadi 3rd Runnerup.

 ?? IMAM HUSEIN/ JAWA POS ?? TEGAS: Jesica Fitriana mengenakan kostum nasional bertajuk The Precious, Boru ni Raja.
IMAM HUSEIN/ JAWA POS TEGAS: Jesica Fitriana mengenakan kostum nasional bertajuk The Precious, Boru ni Raja.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia