Jawa Pos

Fokus Selesaikan JLLB Sisi Utara

-

SURABAYA, Jawa Pos – Anggaran pembebasan lahan untuk jalan dan jembatan mencapai Rp 265 miliar. Sebagian besar digunakan untuk merealisas­ikan pembanguna­n jalan lingkar luar barat dan timur (JLLB dan JLLT).

Dalam pembahasan anggaran 2020, komisi C menanyakan jalan mana yang dipriorita­skan untuk selesai? Apakah JLLB yang menjadi jalur penghubung antar-pelabuhan. Atau JLLT yang terhubung dengan Bandara Juanda?

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Erna Purnawati menerangka­n, pembanguna­n jalan dikerjakan secara paralel. Namun, yang dipriorita­skan segera tersambung adalah JLLB. ”Terutama yang sisi utara. Di sana lahan kita banyak sehingga lebih hemat,” katanya.

JLLB sisi utara juga terhubung dengan akses ke Terminal Teluk Lamong milik Pelindo III. Saat ini jalur tersebut mulai tersambung. Pelindo III membangun jalan layang di atas Jalan Osowilangu­n. Jalan di sisi utara Osowilangu­n sudah terbangun. Saat ini pengerjaan jalan layang sisi selatan dikebut.

Jalur tersebut bakal terhubung dengan JLLB yang dibangun pemkot. Akan ada akses yang terhubung dengan Gelora Bung Tomo. ”Ada tiga jalur nanti. Jadi untuk ke stadion, ada akses tambahan,” lanjut Erna.

JLLT juga membutuhka­n banyak anggaran untuk pembebasan lahan. Pengerjaan­nya dimulai dari Surabaya Utara. Sejumlah wilayah permukiman padat dan lahan kosong bakal dilewati JLLT tersebut.

Selain dua megaproyek itu, Erna menerangka­n banyak pembebasan lahan lainnya. Terutama untuk pembanguna­n jalan baru dan pelebaran. ”Ada juga di Jalan Wiyung. Meskipun sudah terbangun jalannya, ternyata ada yang bukan aset pemkot. Jadi, baru dianggarka­n sekarang,” ujarnya.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? HAMPIR RAMPUNG: Bentang flyover Teluk Lamong hampir tersambung melintasi Jalan Osowilangu­n. Flyover ini akan menjadi ujung utara JLLB.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS HAMPIR RAMPUNG: Bentang flyover Teluk Lamong hampir tersambung melintasi Jalan Osowilangu­n. Flyover ini akan menjadi ujung utara JLLB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia