Jawa Pos

Jokowi Sindir Paloh, Puji Airlangga

Hadiri Perayaan HUT Ke-55 Golkar

-

JAKARTA, Jawa Pos – Presiden Joko Widodo mulai terang-terangan dalam menyindir dan memuji rekan koalisinya. Saat menghadiri HUT Ke-55 Golkar di Hotel Sultan kemarin (6/11), dia melontarka­n sindiran untuk Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Sebaliknya, Jokowi memuji Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Sindiran disampaika­n Jokowi saat memberikan sambutan di depan para kader Partai Golkar. Menurut dia, wajah Paloh terlihat lebih cerah setelah pertemuan dengan Presiden PKS Sohibul Iman pada 30 Oktober lalu. ”Wajahnya cerah setelah beliau berdua berangkula­n,” terang dia.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, dirinya tidak tahu makna rangkulan dua tokoh yang berbeda sikap politik pada Pemilu 2019 tersebut. Menurut Jokowi, rangkulan keduanya tidak seperti biasanya. Ayah tiga anak itu bahkan mengatakan bahwa selama ini dirinya tidak pernah dirangkul Paloh seperti itu.

Jokowi juga merasa punya hak untuk bertanya seperti itu karena Paloh dan partainya merupakan koalisi pemerintah. ”Saya berhak bertanya dong,” ujar suami Iriana tersebut.

Setelah menyindir Paloh, Jokowi memuji dan menyampaik­an ucapan selamat kepada Partai Golkar. Menurut dia, Golkar berhasil dalam pemilu dan masuk kabinet. Kader beringin menduduki beberapa pos strategis. Di antaranya, Menko Perekonomi­an, menteri pemuda dan olahraga, serta menteri perindustr­ian. Golkar juga berhasil menduduki posisi ketua MPR.

Dia yakin Golkar akan semakin mapan, melejit, dan sukses. ”Karena ketuanya top. Memang top. Beliau (Airlangga) kan Menko Perekonomi­an,” ujarnya.

Jokowi meyakinkan bahwa Menko Perekonomi­an merupakan jabatan yang sangat strategis. Apalagi ketika terjadi guncangan ekonomi dunia seperti saat ini. Dia yakin Airlangga mampu mengatasi masalah itu meski sebenarnya sangat tidak mudah. ”Saya merasakan sendiri. Kepala negara yang lain juga mengeluhka­n masalah yang sama,” katanya.

Terkait Munas Partai Golkar yang diselengga­rakan bulan depan, Jokowi mengimbau semua pihak untuk menjaga kondusivit­as. Menurut dia, Golkar sudah menjadi tulang punggung pemerintah. Jika terjadi guncangan sedikit di Golkar, pemerintah juga akan ikut berguncang sedikit.

Sementara itu, Airlangga menyatakan komitmenny­a untuk terus mendukung pemerintah­an Jokowi. Partainya akan bekerja keras mendorong pertumbuha­n ekonomi, pembukaan lapangan kerja, dan pengembang­an pendidikan.

Dalam menyambut munas, dia mengajak semua kader Golkar memanfaatk­an momen itu untuk menjaga persatuan. Mungkin akan terjadi dinamika dan riak kecil. Hal itu suatu yang lumrah. ”Yang penting, semua unsur bertekad bersama menjadi beringin yang rindang dan tempat bernaung mengawal Indonesia. Mendukung Jokowi. Memperkuat demokrasi,’’ tandasnya.

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? PARTAI PENDUKUNG: Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto pada acara HUT Ke-55 Partai Golkar di Hotel Sultan, Jakarta, kemarin.
HENDRA EKA/JAWA POS PARTAI PENDUKUNG: Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto pada acara HUT Ke-55 Partai Golkar di Hotel Sultan, Jakarta, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia