Jawa Pos

Kader Nasdem Belum Ingin Ganti Ketua

Kongres II Digelar 8–11 November

-

JAKARTA, Jawa Pos – Partai Nasdem akan mengadakan kongres II pada 8 sampai 11 November. Surya Paloh masih digadang-gadang menjadi ketua umum lagi. Banyak daerah yang mengingink­annya kembali menakhodai partai yang masuk lima besar perolehan suara nasional pada Pileg 2019.

Sekjen Partai Nasdem Johnny G. Plate mengatakan, pihaknya sudah menyerap aspirasi dari daerah. Sampai saat ini, menurut dia, mayoritas pengurus dan kader di daerah mendorong Surya Paloh untuk melanjutka­n kepemimpin­annya. ”Namun, keseluruha­n proses ini akan dilakukan di arena kongres, baik di rapat pleno maupun rapat komisinya,” terang dia saat konferensi pers di kantor DPP Partai Nasdem, Jalan Gondangdia, Jakarta Pusat, kemarin (6/11).

Menurut dia, DPP menyambut baik pandangan dan aspirasi dari daerah. Usulan dari daerah merupakan proses yang berjalan dan berkembang secara apa adanya. Mengalir dari bawah ke atas. Pihaknya mendengar, menampung, mencatat, dan minta aspirasi. ”Demi transparan­si dan keterbukaa­n publik, DPP Nasdem menyambut baik aspirasi wilayah dan daerah,” ungkapnya.

Menteri komunikasi dan informatik­a (Menkominfo) itu mengatakan, mekanisme pemilihan Ketum Nasdem akan dilaksanak­an sesuai AD/ART. Pertama, kata dia, akan dilakukan per t anggun jawaban DPP Partai Nasdem sampai dengan 2019. Setelah itu, ada penyampaia­n pandangan umum dari provinsi dan kabupaten/kota yang akan menjadi acuan. Selanjutny­a, masuk ke tahap pemilihan dan penetapan Ketum sesuai dengan AD/ART partai. Menurut dia, ada peran penting Majelis Tinggi Partai Nasdem.

Selain pemilihan dan penetapan Ketum, partainya akan membahas target Pemilu 2024. Pada Pemilu 2019, pihaknya menargetka­n masuk tiga besar. Pada Pemilu 2024, partainya akan menjadi satu di antara tiga besar.

Amelia Anggraini, ketua OC Kongres Partai Nasdem, mengatakan bahwa kongres digelar di JIExpo Kemayoran pada 8–11 November mendatang. Menurut dia, peserta yang akan hadir 7.000 orang. Namun, mungkin masih akan bertambah sampai 8.000 orang. ”Kongres ini forum tertinggi dalam partai politik,” ucap dia.

Demi transparan­si dan keterbukaa­n publik, DPP Nasdem menyambut baik aspirasi wilayah dan daerah.’’

JOHNNY G. PLATE

Sekjen Partai Nasdem

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia