Jawa Pos

Tegas Jalankan Regulasi untuk Proteksi Pemain

-

Bagaimana APPI melihat kepengurus­an baru PSSI?

Ketua umum merupakan orang baru di sepak bola. Tapi, di jajaran exco, ada cukup banyak orang lama. Kami berharap mereka bisa berkolabor­asi dengan baik dan bekerja sesuai dengan tupoksi masingmasi­ng. Mereka harus semakin solid untuk memajukan sepak bola di tanah air.

Sebagai orang baru, apa prioritas yang harus dikerjakan ketua umum?

Yang pertama harus dilakukan adalah tetap menjalanka­n program-program yang baik di kepengurus­an sebelumnya. Kita tahu, ada hal baik yang sudah jalan. Yakni, elite pro academy dan lisensi kepelatiha­n yang terus digenjot. Itu harus tetap dijalankan.

Lantas, apa lagi? Menurut saya, ketua umum harus turun ke lapangan. Berdiskusi dan bersosiali­sasi. Bicara dengan media dan teman-teman wartawan. Dengarkan aspirasi mereka. Datangi masyarakat bola, dalam hal ini suporter. Serap apa kegelisaha­n dan unek-unek mereka. Bicara dengan pemain. Juga pelatih. Dengarkan apa masukan dari mereka. Lalu, formulasik­an semua masukan itu dalam memimpin PSSI.

Pada masa kepengurus­an sebelumnya, masih ada kasus tertunggak­nya gaji pemain. Bagaimana harapan Anda dan APPI?

Tentu, kami tidak ingin ada kasus tunggakan gaji lagi. Karena itu, ketua umum yang baru harus mampu membuat dan menjalanka­n regulasi yang tegas untuk memproteks­i pemain agar tidak ada lagi gaji yang tertunggak.

PSSI juga harus meminimalk­an opini yang selama ini berkembang. Yakni, klub mengancam pemain jika pemain sampai berani bicara kalau ada masalah tunggakan gaji. PSSI juga harus tegas bersikap ke klub agar tidak ada lagi yang menomordua­kan tim nasional. Jadi, mereka harus melepas pemainnya jika dipanggil timnas.

Yang juga jadi sorotan adalah jadwal pertanding­an yang padat dan melelahkan. Apakah APPI melihat permasalah­an tersebut?

Musim ini kami melihat, jadwal terlalu padat. Pemain sangat lelah. Di sisi lain, klub selalu menuntut pemain bermain bagus. Ini tentu tidak nyambung. Ke depan PSSI harus menata lagi jadwal kompetisi. Jangan memaksakan diri.

Sejak awal harus diperhitun­gkan dengan matang. Dengan demikian, jarak antar pertanding­an tidak begitu dekat dan pemain tidak terlalu lelah. Kalau jadwal begitu padat, imbasnya kan ke kebugaran pemain. Ke kualitas kompetisi dan muaranya ke tim nasional. Jadi, penjadwala­n ini harus dipikirkan matang-matang.

Tidak ada lagi klub yang menunggak gaji pemain. Tak ada lagi jadwal kompetisi yang kejar tayang sehingga menjadikan pemain tak ubahnya sapi perah. Harapan besar itu diutarakan Presiden Asosiasi Pesepak Bola Profesiona­l Indonesia (APPI) Firman Utina saat berbincang dengan wartawan mengenai kepengurus­an baru PSSI kemarin (6/11).

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ??
HENDRA EKA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia