Jawa Pos

AS-RI Perkuat Perdaganga­n dan Investasi

-

JAKARTA, Jawa Pos – Pemerintah RI dan AS bakal memperkuat kerja sama perdaganga­n dan investasi. Kesepakata­n itu tercapai dalam pertemuan antara Menteri Koordinato­r Bidang Perekonomi­an Airlangga Hartarto dan Menteri Perdaganga­n Amerika Serikat (AS) Wilbur Ross di kantor Kemenko Perekonomi­an, Jakarta Pusat, kemarin (6/11).

Kunjungan Ross tersebut merupakan bagian dari rangkaian turnya di kawasan

Asia Tenggara. Selain Indonesia, pejabat 81 tahun itu berkunjung ke Thailand dan Vietnam. ”AS harus menyelesai­kan hambatan-hambatan perdaganga­n seperti persyarata­n kandungan lokal minimum,” kata Airlangga.

Dalam kesempatan itu, AS juga menawarkan diri untuk terlibat dalam pembanguna­n infrastruk­tur, pekerjaan umum, dan sektor energi RI. Tentu lewat kerja sama dengan pihak swasta dan BUMN. ”Ini sejalan dengan visi

Presiden Jokowi untuk memperbesa­r (nilai) perdaganga­n dan investasi antara Indonesia dan negara mitra dagang. Salah satunya, AS,’’ katanya.

Sampai sekarang, AS masih menjadi negara tujuan ekspor nonmigas terbesar di Indonesia. Sebaliknya, Indonesia adalah negara tujuan investasi dari para pengusaha AS dalam sektor ekstraktif atau sumber daya mineral.

Sementara itu, Ross mengatakan bahwa AS kini giat memajukan perdaganga­n

Asia Tenggara. Itu menjadi cara pemerintah­an Presiden Donald Trump untuk membuka peluang ekspor dan menciptaka­n lapangan kerja bagi AS. ”Di departemen perdaganga­n, kami bekerja mendorong pertumbuha­n sektor swasta AS di dalam negeri dan seluruh dunia. Dengan nilai hampir USD 2 triliun dalam perdaganga­n dua arah pada 2018, kini kami berusaha menumbuhka­n kemitraan penting di kawasan Indo-Pasifik,’’ tegasnya.

 ?? HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS ?? JAGA HARMONI: Wilbur Ross (kiri) menemui Airlangga Hartarto di kantor Kemenko Perekonomi­an, Jakarta, kemarin (6/11).
HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS JAGA HARMONI: Wilbur Ross (kiri) menemui Airlangga Hartarto di kantor Kemenko Perekonomi­an, Jakarta, kemarin (6/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia