Jawa Pos

Prabowo Mulai Dalami Kemampuan Inhan

-

JAKARTA, Jawa Pos – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersama Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Wahyu Sakti Trenggono berkunjung ke PT Pindad kemarin (6/11). Mereka melihat langsung kemampuan industri pertahanan (inhan) dalam negeri.

Menurut Trenggono, dirinya bersama Prabowo ingin memastikan setiap persoalan yang menghambat perkembang­an inhan dalam negeri bisa diatasi. ”Kan kita juga ingin mengembang­kan industri pertahanan nasional,” ungkap dia. Itu penting agar inhan lokal mampu menyuplai kebutuhan angkatan bersenjata tanah air.

Sebelum berkunjung ke PT Pindad, pihaknya berkoordin­asi dengan Mabes TNI dan tiga matra TNI. Sebagai pengguna alat utama sistem persenjata­an (alutsista), pandangan Mabes

TNI bersama tiga matra TNI harus didengar. ”Kami diskusi lagi, kira-kira perkembang­an ke depan dari sisi kebutuhan alutsista,” imbuhnya.

Bukan hanya PT Pindad, Wahyu menyebutka­n, PT PAL dan PT Dirgantara Indonesia (PT DI) juga punya peran dalam pemenuhan alutsista TNI. Misalnya, PT PAL yang sudah bisa membangun kapal selam dan PT DI yang memproduks­i pesawat untuk TNI-AU. Dia mengakui, ada banyak pekerjaan terkait dengan inhan dalam negeri.

Namun, semua masih didalami. Tujuannya, solusi yang ditemukan tepat dan efektif. ”Misalnya, sudah sejauh mana kita punya kemampuan membangun kapal selam. Itu sedang kami dalami,” terang dia. Walau belum lama bertugas, Trenggono memastikan bahwa dirinya dan Prabowo sudah bicara banyak soal alutsista.

Sebagaiman­a disampaika­n Prabowo ketika datang ke Mabes TNI, Kemenhan punya komitmen untuk memperkuat TNI. Salah satunya dengan memenuhi kebutuhan alutsista. Selain memastikan kesiapan inhan dalam negeri, kerja sama pengadaan alutsista dengan negara-negara sahabat juga dievaluasi. Contohnya, pembanguna­n pesawat tempur yang dilaksanak­an bersama Korea Selatan.

 ?? KEMENTERIA­N PERTAHANAN FOR JAWA POS ?? CEK TEROPONG: Menhan Prabowo Subianto menjajal senjata buatan PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, kemarin.
KEMENTERIA­N PERTAHANAN FOR JAWA POS CEK TEROPONG: Menhan Prabowo Subianto menjajal senjata buatan PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia