Jawa Pos

Lanjutkan Satgas Antimafia Bola

Pesan Mendagri dalam Sertijab Kapolri

-

JAKARTA, Jawa Pos – Mantan Kapolri yang kini menjadi Mendagri, Tito Karnavian, meminta Kapolri Idham Azis melanjutka­n kiprah sejumlah satgas. Di antaranya Satgas Antimafia Bola dan Saber Pungli Polri.

Pernyataan itu disampaika­n Tito dalam serah terima jabatan (sertijab) Kapolri kemarin (6/11). Dalam acara tersebut, Tito menyerahka­n Panji Tribrata sebagai simbol peralihan kepemimpin­an di Polri. Tito menyatakan, di era dirinya menjabat Kapolri, ada banyak tantangan yang dihadapi. Namun, semua bisa diselesaik­an dengan baik. ”Berhasil sukses,” ucapnya.

Tito mengakui, mengelola Polri yang memiliki personel 446 ribu orang tidak mudah. Ada sejumlah indikator yang menunjukka­n perbaikan. Mulai nilai reformasi birokrasi hingga kepercayaa­n publik yang meningkat menjadi tiga besar. ”Sebelumnya tiga terbawah,” ungkapnya.

Perlu disadari, memang masih banyak yang lemah. Polri tidak bisa hanya diperbaiki dalam sehari dua hari. ”Diharapkan, sejumlah permasalah­an internal ini dapat diperbaiki di bawah kepemimpin­an Pak Idham,” ujar Tito.

Yang pasti, ada sejumlah program yang perlu dilanjutka­n. Semua mengetahui bahwa presiden ingin mendorong investasi. Karena itu, Satgas Saber Pungli harus diaktifkan lagi. Lalu, ada harapan besar dari masyarakat untuk melanjutka­n kiprah Satgas

Antimafia Bola. ”Ini harapannya bisa juga diaktifkan,” tuturnya.

Tito berharap Idham mampu menyempurn­akan semuanya. Nanti, ujar Tito, sebagai Mendagri, dirinya akan punya banyak urusan yang beririsan dengan institusi Polri. ”Terutama pengendali­an stabilitas politik dan keamanan,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Idham Azis berjanji melanjutka­n semua program Tito sebelumnya. Dia akan memantapka­n programpro­gram yang telah dicanangka­n Tito. ”Kami akan bersinergi dengan harapan ke depan hasilnya lebih bagus,” terangnya.

Di akhir sambutanny­a, Idham meminta doa restu masyarakat Indonesia. ”Tanpa masyarakat Indonesia, tentu saya tidak bisa bekerja dengan baik,” tutur mantan Kadivpropa­m Polri tersebut.

 ?? MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS ?? INSPEKSI PASUKAN:
Tito Karnavian (kiri) dan Idham Azis setelah serah terima jabatan di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, kemarin (6/11).
MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS INSPEKSI PASUKAN: Tito Karnavian (kiri) dan Idham Azis setelah serah terima jabatan di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, kemarin (6/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia