Jawa Pos

Pengunjung Wisata Sejarah Naik Jelang Hari Pahlawan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November kerap diikuti dengan kenaikan kunjungan ke tempat-tempat wisata bersejarah. Di antaranya, Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember.

Kemarin (6/11) keramaian terlihat sejak pagi di Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember. Beberapa armada bus terparkir di depan objek wisata itu.

Kurniawan, staf administra­si Tugu Pahlawan, menuturkan, kemarin ada sembilan kunjungan. Baik dari rombongan sekolah maupun universita­s. ’’Jumlah kunjungan dari 1 November hingga kemarin sudah mencapai 7.000 orang,’’ katanya

J

Angka tersebut meningkat jika dibandingk­an dengan bulanbulan lain. Pasalnya, rata-rata kunjungan per bulan mencapai 11.000 orang. Kurniawan menyebutka­n, kenaikan kunjungan sudah tampak pada Oktober. Ada lebih dari 32 ribu kunjungan ke Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember. ’’Para pengunjung banyak mendatangi objek wisata tersebut karena berdekatan dengan Hari Pahlawan,’’ ucapnya.

Kurniawan memprediks­i, pada November ini terjadi peningkata­n pengunjung. ’’Mungkin total pengunjung pada November mencapai 40 ribu orang,’’ tuturnya. Dia optimistis karena sudah ada 54 surat permohonan kunjungan dari berbagai instansi. Itu belum termasuk pengunjung yang datang tanpa pemberitah­uan alias go show.

Sementara itu, momen Hari Pahlawan membuat Mohammad

Yasin ceria. Sebab, belakangan ini, lapaknya di Jalan Wonokromo didatangi banyak pembeli. Kondisi tersebut meningkatk­an pendapatan­nya hingga 50 persen. ’’Mendekati 10 November, makin ramai yang beli,’’ ucapnya kemarin (6/11).

Kebanyakan pembeli datang saat sore dan malam. Dia bisa mengantong­i uang Rp 20 juta tiap hari. ’’Sehari bisa 300 baju yang terjual,’’ kata pedagang yang sudah berjualan 40 tahun itu.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ??
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS
 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? SAMBUT 10 NOVEMBER: Siswa SDN Wadung Asri, Waru, Sidoarjo, mendapat penjelasan mengenai koleksi Museum Sepuluh Nopember kemarin. Foto kanan, Chelsea Aulia Kristianto, siswa kelas I SDN 7 Simomulyo, dengan dibantu ibunya, Suci Mayandani, mencoba kostum karnaval di Pasar Joyoboyo.
DIPTA WAHYU/JAWA POS SAMBUT 10 NOVEMBER: Siswa SDN Wadung Asri, Waru, Sidoarjo, mendapat penjelasan mengenai koleksi Museum Sepuluh Nopember kemarin. Foto kanan, Chelsea Aulia Kristianto, siswa kelas I SDN 7 Simomulyo, dengan dibantu ibunya, Suci Mayandani, mencoba kostum karnaval di Pasar Joyoboyo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia