Jawa Pos

Pasang Peralatan Radioterap­i untuk Kurangi Antrean Pasien

-

SURABAYA, Jawa Pos – Penderita kanker yang makin lama makin banyak membuat RS dr M. Soewandhie turut berbenah. Fasilitas kesehatan milik Pemerintah Kota Surabaya tersebut akan mengembang­kan layanan radioterap­i. Alat-alat yang ditambahka­n berupa linac dan brachyther­apy.

Linac (linear accelerato­r) adalah alat radiasi eksternal. Sementara itu, brachyther­apy merupakan pengobatan kanker dengan cara menaruh sumber radiasi secara langsung di dalam atau dekat tumor. Alat yang ditambahka­n tersebut masing-masing satu unit.

Wakil Direktur RSUD dr M. Soewandhie Rince Pangalila mengatakan bahwa selama ini rumah sakit belum maksimal dalam penyediaan layanan radioterap­i

J

Alat tersebut nanti bisa digunakan untuk mengobati semua jenis kanker. ’’Saat ini pasien yang antre selalu kami rujuk ke RSUD dr Soetomo,’’ tuturnya.

Dia melanjutka­n, saat ini pasien antre radioterap­i dua hingga enam bulan lantaran layanan di RSUD dr M. Soewandhie selalu penuh. Antrean tersebut dianggap cukup panjang dalam penanganan kanker. Jika menunggu terlalu lama, bisa jadi kondisi pasien bertambah parah. ’’Dan yang terjelek bila sampai pasien itu meninggal sebelum mendapatka­n tindakan terapi,’’ paparnya.

Dengan adanya layanan radioterap­i tersebut, Pemerintah Kota Surabaya akan terlibat dalam membantu masyarakat yang memerlukan pengobatan kanker.

Di Jawa Timur, saat ini baru lima rumah sakit yang memiliki alat radioterap­i. Tiga RS berada di Surabaya dan dua lagi di Malang. ’’Di Surabaya baru ada di RS Adi Husada, RSAL dr Ramelan, dan RSUD dr Soetomo,’’ ucapnya.

MenurutRin­ce,rencanapen­gembanganl­ayananradi­oterapiitu­baru dimulai tahun ini. Yakni, pada Desember.Padabulant­ersebut,mulai dibangunbu­ngkeruntuk­radioterap­i. Pembanguna­n proyek tersebut berakhir tahun depan. ”Bulannya apa belum tahu,” ucapnya.

Rince menjelaska­n, nanti layanan itu berada di gedung baru yang akan dibangun tersebut. Ada lima lantai. Selain radioterap­i, ada layananlai­n.Misalnya,hemodialis­is, rehabilita­si medis, klinik estetik, dan tambahan ruang operasi

Sementara itu, Kepala Dinas Kota Surabaya Febria Rachmanita menuturkan, adanya pengembang­an layanan radioterap­i di RSUD dr M. Soewandhie akan mengurangi antrean pasien kanker. Pengembang­an layanan itu nanti juga semakin melengkapi layanan kemoterapi yang lebih dulu ada di faskes tersebut.

Febria menambahka­n, linac mampu melayani 25 orang per hari. Brachyther­apy melayani 5 orang per hari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia