Jawa Pos

Kenalkan Budaya Jepang lewat Pameran

-

SURABAYA, Jawa Pos – Ratusan desain produk rumah tangga Jepang dipamerkan mulai kemarin (6/11) hingga satu bulan mendatang. Bukan hanya peralatan dapur, ada permainan anak, fashion, kendaraan, hingga penunjang kesehatan di Gedung Departemen Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Pameran tersebut digelar untuk mengenalka­n budaya Jepang kepada mahasiswa. Juga untuk memberikan inspirasi kepada mahasiswa dalam membuat karya-karya desain produk.

Pameran bertema Japanese

Design Today 100 tersebut digelar Japan Foundation dan Konsulat Jendeal (Konjen) Jepang di Surabaya yang bekerja sama dengan Fakultas Arsitektur, Desain, dan Perencanaa­n (FADP) ITS.

Konsul Jenderal Jepang di Surabaya Masaki Tani mengatakan, salah satu tujuan pameran tersebut adalah mempromosi­kan pemahaman internasio­nal melalui pertukaran budaya. Dalam pameran itu, ada 100 contoh desain produk terbaik yang berfokus pada kehidupan sehari-hari di Jepang. ”Pameran ini dilakukan berkelilin­g dunia. Hingga sekarang sudah ada 30 kota dari 20 negara yang telah disinggahi untuk menjadi tempat pameran,” katanya.

Indonesia menjadi salah satu negara yang disinggahi. Menurut Masui Mika, koordinato­r Japan Foundation, Indonesia merupakan tempat yang cocok dan tepat untuk pameran. Terutama ITS.

Sementara itu, Dekan FADP ITS Purwanita Setiaji mengatakan, kegiatan pameran tersebut memiliki banyak tujuan. Di antaranya, dapat menambah wawasan dan pengetahua­n terhadap tren dan fitur desain Jepang di masa lalu dan masa kini. Selain itu, memberikan pengetahua­n terhadap budaya Jepang.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia